Hasil Exit Poll LKPI Menunjukkan Anak Muda dan Pelajar Dukung Anies-Sandi

Exit poll adalah metode penghitungan suara dengan menanyai pilihan pemilih usai memberikan hak suara. Menurut Tatak, bila suara responden yang merahasiakan pilihannya itu didistribusikan secara normal kepada masing-masing pasangan, maka Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 kemungkinan besar berlangsung dua putaran dengan Anies-Sandi dan Basuki-Djarot.
Tatak mengatakan Anies-Sandi didukung pemilih pemula di bawah usia 24 tahun (36,4 persen), pelajar (47,4 persen) dan pegawai negeri sipil (41,7 persen). Pasangan ini juga mendapat dukungan dari kalangan Muhammadiyah (50 persen), dan mereka yang mengaku Nahdlatul Ulama (37,2 persen).

“Dari sisi kesukuan, tiga suku terbesar di Jakarta, yaitu Betawi, Jawa dan Sunda juga lebih banyak mendukung pasangan Anies-Sandi,” katanya.

Sementara itu, Basuki-Djarot lebih banyak didukung mereka yang berpendapatan di atas Rp10 juta per bulan (42,1 persen) dan beragama selain Islam (60 persen). Pasangan ini juga mendapat dukungan penuh dari suku Tionghoa (77,1 persen) dan Batak (55 persen).

Exit poll LKPI dilakukan dengan mewawancarai pemilih yang telah memilih di sejumlah tempat pemungutan suara yang dipilih secara acak dengan jumlah responden 744 orang yang tersebar di 500 tempat pemungutan suara terpilih.

Survei tersebut memiliki margin of error lebih kurang 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Penghitungan Exit Poll yang dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi di 2416 TPS dari 13.034 TPS yang tersebar di DKI Jakarta. Margin of Error +/- 1,8 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode Exit Poll dilakukan dengan cara bertanya kepada Masyarkat Pemilih saat hendak masuk TPS akan memilih pasangan mana. Hasilnya, Anies-Sandi-mendapatkan 51,1% dan Ahok-Djarot 48,9%.

Dan ketika Masyarakat Pemilih sudah keluar dari TPS ditanyakan memilih siapa, maka hasilnya:

Anies -Sandi : 52,6 %
Basuki-Djarot : 47,4 %

Menurut Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono, berdasarkan hasil-ini maka pasangan Anies-Sandi akan terpilih sebagai gubenur dan Wakil gubenur baru DKI Jakarta.

Related posts

Leave a Reply