Langkah Sigap Pemerintah Tangani SARA

Jakarta – Langkah tegas yang dilakukan pemerintah dalam menangani kasus berbau SARA sepertinya tak bisa dipandang remeh, terbukti dalam beberapa waktu belakangan, pemerintah bertindak tegas terhadap orang-orang yang berbuat SARA.

Apa saja langkah pemerintah tersebut?

  1. Vonis Ahok

Dalam berbagai kesempatan, pemerintah selalu menegaskan tidak akan melakukan intervensi dalam kasus oenistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Hal itu bisa dilihat dengan dijatuhinya vonis 2 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

  1. Pembubaran HTI

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengumumkan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia pada Senin, 8 Mei 2017.  Pemerintah menilai HTI bertentangan dengan tujuan, asas dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

  1. Penangkapan Ki Gendeng Pamungkas

Isan Massardi atau yang akrab dikenal dengan nama Ki Gendeng Pamungkas diamankan polisi karena dianggap melakukan diskriminasi terhadap ras dan etnis tertentu atau dianggap rasis. dikenakan Pasal 4 huruf b jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 156 KUHP tentang Perbuatan Menunjukkan Kebencian karena Perbedaan Ras dan Etnis.

Related posts

Leave a Reply