Usai Vonis Ahok, Hakim Inoeng Banjir Pujian Netizen

Jakarta – Pasca sidang vonis terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dalam kasus penistaan agama, sosok hakim Dwiarso Budi Santiarto menyedot perhatian publik.

Seperti diketahui, Dwi memvonis Ahok lebih tinggi dari tuntuan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang hanya meminta Ahok dihukum satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Hakim Inoeng, demikian sapaan akrabnya, memvonis Ahok dua tahun penjara, serta memerintahkan penahanan Ahok dengan segera. Usai sidang, Ahok pun langsung dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur.

Lalu bagaimanakan sosok Hakim Inoeng? Dilansir dari jawapos.com, wartawan senior, Ilham Bintang menuliskan catatan ringan tentang sang ketua majelis hakim, yang ternyata juga tengah menjalankan amanah sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Dalam tulisannya, Bintang mengungkapkan setiap harinya Hakim Inoeng yang memanfaatkan angkutan umum Busway untuk pergi bekerja, dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Pria yang berasal dari Surabaya, kelahiran 14 Maret 1962 ini dikenal cukup tegas dan berintegritas tinggi sebagai seorang hakim. Para sahabat terdekatnya mengenal sosok Hakim Inoeng adalah pribadi yang anti suap, anti gertak.

Hakim Inoeng juga dipercaya menangani kasus besar, yakni korupsi BLBI. Dirinya yang merupakan mantan asisten sekretaris Mahkamah Agung memutus hukuman seumur hidup untuk koruptor BLBI.

Bintang memaparkan, ketika bertugas di Semarang, Hakim Inoeng juga memutus sengketa Gubernur Jateng melawan Pengacara Kondang Yusril Ihza Mahendra dengan menghukum hakim temannya sendiri karena menerima suap dan beberapa koruptor serta pejabat Bupati Karang Anyar.

Integritas tinggi seorang hakim mampu dihadirkan oleh Hakim Dwiarso Budi Santiarto saat menjatuhkan vonis kepada terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas kasus penodaan agama. Tak pelak, ketegasan sang hakim pun menuai kagum para netizen.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, dalam aku twitternya bahkan memuji Dwiarso sebagai pahlawan penegak hukum.

Begitu juga dengan pengacara Tim Pembela Muslim, Mahendradatta yang mengatakan Umat islam Indonesia harus melindungi hakim dari taktis pembalasan pengikut Ahok.

Netizen lainpun banyak yang mengacungkan jempol atas integritas Hakim Inoeng, berikut beberapa cuitan netizen di media sosial.

  1. @Dahnilanzar: Hakim kasus Ahok sudah progresif dan kita apresiasi. Terimakasih Pak Hakim Anda menghadirkan keadilan.
  2. @pancar2015: Di tengah2 banyak yg citranya makin terpuruk masih ada Hakim Dwiarso Budi Santiarto.yg mengangkat harkat martabat Hakim n korpsnya.
  3. @AdjieSoekma119: semoga lebih banyak lagi figur Hakim sprt Bapak Dwiarso yg memiliki Integritas… Salam Hormat Bapak Dwiarso Budi

Related posts

Leave a Reply