Anjurkan Perbanyak Makan Ikan di Bulan Ramadhan, Menteri Susi Dikritik Marzuki Alie

NetizenIndonesia.com, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat kritikan dari mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie. Kritikan tersebut disampakan Marzuki setelah Menteri Susi menganjurkan kepada masyarakat Indonesia agar banyak mengkonsumsi ikan. Anjuran tersebut sisampaikan Menteri Susi melalui akun twitter milik-nya.

Jangan lupa menu ikan untuk Sahur & Buka Puasa. Makan ikan menjadikan kita sehat, pintar. Tidak makan ikan saya tenggelamkan,” cuit Menteri Susi dalam akun twitter milik-nya @susipudjiastuti.

Marzuki Alie lantas merespon cuitan Menteri Susi tersebut. Ia menyampaikan bahwa harga ikan saat ini terbilang mahal.

“Ikan sekarang sudah mahal Bu menteri. Utk penghasilan di bawah, atau gaji UMR, ikan mjd barang mahal,” tulis Marzuki Alie @marzukialie_MA.

Memasuki awal bulan Ramadhan 1438 Hijiriah, harga kebutuhan pangan di berbagai daerah memang merangkak naik. Tak hanya harga ikan laut, sejumlah kebutuhan pangan lain seperti daging sapi dan sayuran pun ikut melonjak.

Kenaikan harga ikan, terjadi pada beberapa jenis ikan kelas super, dan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Seperti jenis ikan layar, baby tuna, dan ekor kuning, di Kendari yang sebelumnya Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu rupiah, kini naik Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu rupiah perkilo

Tak hanya Kendari, di Medan, untuk jenis ikan dencis, harganya meroket hingga Rp35 ribu per kg. Hal yang sama juga terjadi di Aceh. Harga Ikan Gembung Kuring yang sebelumnya Rp 40 ribu, kini menjadi Rp 46 ribu. Ikan Nila, dari Rp 30 ribu naik menjadi Rp 34 ribu. Sedangkan Ikan Simba dari harga Rp 45 ribu, kini melonjak drastis menjadi Rp. 65 ribu perkilo.

Related posts

Leave a Reply