Heboh, Afi Nihaya Faradisa Diduga Menjiplak Tulisan Orang Lain

NetizenIndonesia.com – Asa Firda Inayah atau sering dikenal Afi Nihaya Faradisa, siswi SMA Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur yang tulisan-tulisannya di Facebook mengenai identitas dan keberagaman selalu viral dan menuai banyak reaksi.

Berkat serial tulisannya di media sosial, Afi menjadi terkenal. Ia kerapkali diundang memberikan orasi kebudayaan, diskusi off air, dialog di stasiun televisi, serta diundang banyak para pembesar negara.

Namun, sayang seribu sayang, kehebohan dan ketertarikan masyarakat dan pengguna media sosial terhadap Afi, belakangan mulai berkurang. Pasalnya, salah satu tulisan Afi diduga melakukan plagiarisme alias menjiplak tulisan orang lain.

Dugaan tersebut, persisnya dialamatkan untuk tulisan Afi yang berjudul “Belas Kasih Dalam Agama Kita, yang dipublikasikan dalam akun Facebook milik-nya, Minggu, 25 Mei 2017. Tulisan tersebut dianggap tidak asli karya tangan gadis yang baru lulus SMA tersebut.

Celakanya, tulisan tersebut malah dimuat di salah satu media mainstream dengan judul “Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam.

Berdasarkan penelusuran NetizenIndonesia.com, tulisan Afi yang berasal dari salah satu pengguna media sosial facebook bernama Mita Handayani. Bila dibaca, hampir semua tulisan Afi memang terlihat mirip dengan tulisan Mia. Tulisan Asa Firda Inayah dimuat pada tanggal 25 Mei 2017, sedangkan tulisan Mia Handayani dimuat pada tanggal 30 Juni 2016.

Kejadian ini sungguh sangat disayangkan. Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir Afi dikenal sebagai anak yang cerdas. Tak hanya itu, tulisan-tulisannya pun menjadi rujukan banyak masyarakat.

Hal ini patut dijadikan pelajaran bagi masyarakat dalam menggunakan media sosial. Jangan mudah panik dan jangan gampang terkejut. Telusuri terlebih dahulu sebelum terkejut dan takjub kepada seseorang. Apalagi dalam dunia maya.

 

Related posts

Leave a Reply