Setelah Ketahuan Plagiat, Akun Facebook Afi Nihaya Faradisa Mendadak Hilang

NetizenIndonesia.com – Akun facebook Afi Nihaya Faradisa, seorang siswi SMA yang tulisan-tulisannya mengenai identitas dan keberagaman selalu viral dan menuai banyak reaksi mendadak hilang.

Sebelumnya, tulisan Afi yang berjudul ”Belas Kasih Dalam Agama Kita,”  yang ia posting pada Minggu, 25 Mei 2017, kembali meraimaikan jagat mayantara. Tak tanggung-tanggung tulisan tersebut sampai dimuat di salah satu media mainstream dengan judul “Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam.

Tak disangka, ternyata sebagian tulisan tersebut bukanlah buah tangan asli Afi. Tulisan tersebut ternyata milik salah seorang netizen bernama Mita Handayani yang ditulis pada tahun 2016 lalu.

Tak berlangsung lama, setelah tindakan plagiarisme yang dilakukan Afi terbongkar, akun facebook milik-nya mendadak hilang.

NetizenIndonesia.com mencoba menelusuri kabar akan hilangnya akun facebook milik siswi cerdas tersebut. Ternyata benar. Setelah ditelusuri di kolom pencarian facebook, kemudian diklik, akun Afi tiba-tiba tidak muncul.

 

Entah apa yang terjadi dan apa yang saat ini dirasakan oleh Afi. Namun yang perlu diingat adalah, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, siapapun pernah melakukan kesalahan. Tapi dari kesalahan itulah, sepatutnya dijadikan pelajaran agar menjadi lebih baik lagi. Di negeri ini, orang cerdas dan berani kritis seumuran Afi sangat jarang ditemukan. Afi patut diberi dukungan oleh masyarakat agar terus belajar dan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Related posts

31 thoughts on “Setelah Ketahuan Plagiat, Akun Facebook Afi Nihaya Faradisa Mendadak Hilang

  1. e alaaa…
    tgl status di FB itu bisa diatur
    nih contohnya :

    https://www.facebook.com/ari.adrianto/posts/10209117124862326?notif_t=feedback_reaction_generic&notif_id=1496288917414127

    Mana bisa dijadikan patokan bahwa dia plagiat atau bukan … hehehe

    1. baseng

      tapi coment nggak bisa diatur brow

    2. Coba atur komentnnya juga wkwkwk

      1. yuliawan

        Maksudnya apa sih? Maklum gaptek

    3. Anonymous

      Klo status wkt di ruang comment bisa dirubah, jd aneh.

      Misalnya karya Mita Handayani (yg sedang rame gegara dicopas afi) yg asli dimuat thn 2016 (gw lupa blnnya), tp klo dianggap Mita yg copas dr afi maka postingannya tentu setelah tgl pistingan afi, tp kenapa komen2nya di potingan Mita dithn 2016.
      Jd ga mungkinlah Mita mengubah waktu (tgl bln thn) postingan tsb.
      Jd ketahuanlah siapa yg plagiator.

      1. Anonymous

        Melakukan ‘plagiat’ bisa dianggap hal yg biasa dan dilakukan oleh banyak orang seperti yg dilakukan oleh Afi. Seseorang yg dianggap “cerdas”, tidak akan melakukan ‘plagiat’. Jadi aneh kalau masih ada yang berkomentar orang yg melakukan ‘plagiat’ seorang yg “cerdas”. Mungkin lebih tepatnya “cerdas dalam melakukan kebohongan”. Orang yg ‘terbiasa’ melakukan kebohongan cenderung akan mengulanginya karena berbohong merupakan penyakit hati. Perlu ditelusuri lebih jauh kenapa seseorang menjadi plagiat.

    4. Tapi coba sorot pake mouse pointer ke arah icon jam (samping 1 januari 1945) wong ada tulisan “ditambahkan pada 1 Juni 2017 pukul 10.31”

  2. Anonymous

    Bisa ya?.. Coba tolong di contohkan.. Commen yg di tanggal ini bisa di ubah. Jd pas sy buka jd tgl hari lain gt.

  3. izin hadir gan, mantap juga blognya

  4. judulnya udah menjudge duluan sebelum ada bukti otentik.. emang mita mau mengklarifikasi ?gak khan ? so knp? krna dia merasa..dia juga hasil copas orang laen..secara thn 2015..juga ada tulisan yg hmapir mirip dgn mita.. so skrg yg plagiat siapa ?

    1. Anonymous

      Itu udah di sunting, elu bisa cek riwayat penyuntingan. Kalo bodoh jangan kebangetan.

      1. Anonymous

        Mungkin pd kebanyakan makan cebong…makanya BODOH NYA KEBANGETAN

    2. Anonymous

      Kalo dikasi suntingan/nama penulis aslinya mah bukan plagiat cuy… Belajar bahasa i donesia ga sih lu… Kalo de afi ga dicantumin penulis aslinya.. Udah gitu terkenal dengan plagiatan nya.. Itu yg salah.. Ga ngehargain karya orang…

  5. Anonymous

    terus yg salah apanaya?? wong orang nyebar kebaikan kok salah..

    1. Anonymous

      Masalahnya Afi nulis ©Afi Nihaya Faradisa di postingan yg dia tulis. Berarti hal itu menerangkan kalo itu karya dia.

    2. Anonymous

      yg slh gak jujur nya bang hehe..
      hrsnya kalau karya orang lain ditulis penulis aslinya..itu nya jujur..hehe

    3. Anonymous

      Yang salah dia ga nyantumin itu tulisan orang… Intinya si tatakrama cuy… Kalo smua boleh di plagiatin mah ya kasian donk pemikir aslinya…

  6. Anonymous

    Jadi inget dosen ui yg plagiat beberapa kalimat beliau langsung mengundurkan diri dari tempat mengajarnya…

  7. Anonymous

    belajar jujur itu lebih baik…. plagiat

  8. Hahahaha. COPY PASTE. ANAK BARU BROJOL JUGA BISA KKKKK

  9. fauzi gharib

    Masalahnya karena terlanjur dianggap hebat dan cerdas tanpa klarifikasi.
    Makanya, silahkan suka tanpa harus memuja. Silahkan benci tanpa harus mencaci maki.

    1. Anonymous

      Betul itu om….masuk tv pula… Plagiat sama dengan kejahatan pemikiran… Atau kejahatan ilmiah….

  10. Anonymous

    Hahahaha ,,,,pinter tp mental nyontek ..gak bingit.

  11. Anonymous

    Izin ikut ketawa…Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha…..capek………

  12. Anonymous

    Da yang & kontra
    Terserah dialah mau kopas atau apalah, kalian nda dirugikan kan?…
    kasian semua…

    1. Anonymous

      Ya kalau urusannya menyangkut tesis dan skripsi… yang rugi banyak dek, belajar masak dulu sana

  13. Anonymous

    Gk dirugikan tp baxk yg kna tipu

  14. eko brs wardhaya

    nyontek kalau gak ketahuan guru khan lumayan juga

    1. gito gilas

      Ambil saja manfaat tulisannya, utk afi setidaknya dia sudah belajar dari orang yg benar, mita handayani.. berikutnya tinggal belajar etika menuliskan sumber tulisannya, nggak apa masih muda kok… dan yg pasti anak ini punya nyali.. Btw tulisan2nya Mita Handayani yg lainnya boleh juga ya… thx ya afi, sdh mengantarkan kita pd mita handayani dan pemikiran2nya..salam

  15. Anonymous

    Emangnya isi tulisannya tentang apa siich..

  16. Awalnya tidak ngaku plagiat. Akhirnya ngaku jg. Kok skrng akunnya hilang dr fb kenapa ya?

Leave a Reply