Satu Darah, Komunitas Motor Punya Indonesia yang Disegani Dunia

Jakarta – komunitas motor dapat kita temui hampir di seluruh dunia. Namun siapa sangka jika salah satu komunitas motor yang disegani di dunia ternyata didirikan oleh orang Indonesia. Geng motor tersebut bernama “Satu Darah”.

Kehadiran komunitas motor “Satu Darah” digagas seorang warga Belanda yang memiliki darah keturunan Maluku, Indonesia. Beberapa pendiri lainnya berlatar belakang etnis berbeda. Satu Darah sendiri diambil dari Bahasa Indonesia yang berarti kita bersaudara.

Sejak dibentuk pada awal tahun 90-an, Satu Darah menjadi salah satu komunitas motor yang disegani dan ditakuti di Belanda.

Komunitas motor ini berlogokan dua kepala orang Indian yang berbeda warna dan menghadap berlawanan arah yang memiliki arti keseragaman antar sesama anggota, namun tetap dalam satu kesatuan.

Motto kelompok ini adalah “Black and Yellow Nation Worldwide”. Lantaran didirikan di Belanda, tentu saja basis terbesar dari kelompok ini ada di Negara Kincir Angin.

Satu Darah sudah memiliki anggota ribuan orang. Cepatnya pertumbuhan komunitas ini karena mereka tidak hanya meneria anggota yang memiliki darah Maluku. Meski pada awalnya anggota klub ini hanya mewadahi keturunan Maluku, namun pada perkembangannya mereka membuka keanggotaan dari seluruh latar belakang.

Untuk menjadi anggota Satu Darah bukanlah perkara mudah. Ada seleksi kuat yang harus dilewati siapapun yang mau diakui sebagai keluarga Satu Darah. Mereka yang berniat bergabung harus memiliki mental pejuang dan solidaritas tinggi.

Di negara kelahirannya, Satu Darah tercatat memiliki 8 cabang yakni di wilayah Gouda, Den Haag, Hengelo, Apeldoorn, Rotterdam, Tilburg, Beverwijk dan Bergen op Zoom. Kini, Satu Darah disegani lantaran mereka memiliki banyak anggota yang tersebar di berbagai negara, seperti di Australia, Belanda, Belgia, Jerman, Perancis, Denmark, Kanada, Malaysia, Maroko, Norwegia, Singapura, Spanyol, Suriname, Swedia, Swiss, Thailand, Turki dan tentu saja di Indonesia.

Di Indonesia, Satu Darah resmi berdiri sejak Agustus 2012, mereka tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bali dan Maluku.

Diyakini, jumlah member komunitas ini hampir sama dengan rival gangster paling ditakuti di dunia lainnya, yakni Hell’s Angel.

Ada banyak gangster dengan pamor mentereng, tapi boleh dibilang Satu Darah salah satu yang disegani. Hal tersebut tak lain karena aksi-aksi brutal tanpa ampun yang jadi kebiasaan mereka, bahkan beberapa anggotanya kerap kali terlibat aksi kriminal seperti perdagangan narkoba.

Sama halnya dengan geng motor lainnya seperti Hells Angels yang sudah lebih dulu mendunia karena kekejiannya, diantara mereka juga sering terjadi bentrok yang didasari kasus karena perebutan wilayah.

Memang jadi sebuah kebanggaan ketika ada hal-hal yang berhubungan dengan Indonesia kemudian mendunia. Tapi, karena mengingat Satu Darah adalah gangster yang ditakuti karena sering melakukan aksi brutal membuat banyak netizen yang angkat bicara. Berikut beberapa komentar netizen terkait keberadaan Satu Darah sepeti yang dikutip oleh NETIZENINDONESIA:

@Ray Pelupessy · tolong ingat satu darah maluku bukan RMS satu darah itu dimana org2x yg ada Keturunan Darah Maluku….memang kalau di lihat sepeti org Bule/asing tapi di tubuh dia terdapat darah Maluku dari Ibu atau Bapak nya yg Maluku…makanya di Buat Satu Darah maluku diBelanda

@Asoka Mangngadacinna · Mau satu darah kek, darah satu kek, darah mudah kek atau darah kula sekalian kalau sudah melanggar ya ditindak tegas!

@Andri Arshavin · Didaerah maluku-ambon kaos satu darah dijual bebas, tapi kalau berhubungan dengan geng motor baru tahu ini

@Joko Asrori · Genk motor harus di basmi.

Related posts

Leave a Reply