Jika Ahok Telah Legowo, Mengapa Jaksa Agung Tak Kunjung Legowo?

NetizenIndonesia.com – Publik tanah air langsung bereaksi ketika beberapa waktu lalu, Ahok mencabut upaya bandingnya atas vonis 2 tahun kasus penistaan agama yang menjeratnya. Melalui keluarga dan pengacaranya, Ahok memastikan mencabut upaya bandingnya. Alasannya, agar situasi di masyarakat dapat kembali tenang dari kekisruhan yang terjadi selama ini.

Ada banyak tanggapan yang muncul  mengenai pencabutan upaya banding dari mantan calon Gubernur DKI Jakarta tersebut. Beberapa pihak ada yang menyayangkan sikap Ahok, akan tetapi ada juga yang justru malah menerima dan menganggap keputusan Ahok adalah keputusan paling bijak. Kendati demikian, keputusan Ahok ini cukup membingungkan masyarakat.

Di awal saat Ahok divonis bersalah dan dijatuhi hukuman selama dua tahun penjara, ia langsung menyatakan akan melakukan banding. Hal ini mungkin bisa dianggap wajar, sebab Ahok bersikeras mengaku dan merasa dirinya tidak bersalah, sementara pengadilan memutuskan dirinya bersalah. Tapi pada kenyataannya, Ahok memilih tidak meneruskan upaya bandingnya untuk melawan keputusan pengadilan yang salah tersebut. Artinya, secara otomatis Ahok telah mengakui kesalahannya dan menerima hukumannya.

Permasalahan lain yang menarik ialah, meskipun Ahok sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan bandingnya, namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak serta merta mencabut banding yang sudah ia ajukan. Padahal, hal tersebut sangat aneh bila terjadi, mengingat tugas JPU hanyalah mendakwa dan menuntut. Sementara orang yang didakwa dan dituntut tersebut sudah menerima keputusan dari hakim.

Jika Ahok telah lebowo, alangkah baiknya, JPU juga sama-sama legowo menerima keputusan hakim yang telah memberikan Ahok hukuman dua tahun penjara. Anggap saja, ini adalah masalah pengorbanan dari seorang Ahok yang tidak merasa bersalah namun harus menerima hukuman, dan dari JPU yang menganggap kesalahan Ahok fatal tapi cuma diberi hukuman ringan.  Dengan demikian, alangkah baiknya juga jika JPU turut mengambil langkah untuk membatalkan bandingnya agar putusan berkekuatan hukum tetap.

Related posts

One thought on “Jika Ahok Telah Legowo, Mengapa Jaksa Agung Tak Kunjung Legowo?

  1. Anonymous

    modus sok membela ahok, supaya nasdem tdk di tagih janjinya oleh ahok,

Leave a Reply