Mengaku Hanya Menjiplak Satu Tulisan, Afi Nihaya Faradisa Kembali Berbohong?

NetizenIndonesia.com – Asa Firda Inayah atau biasa dikenal dengan nama Afi Nihaya Faradisa. Sisiwa asal Banyuwangi tersebut mengaku telah mengutip beberapa paragraf dari tulisan milik akun Mita Handayani dan menambahkan sendiri beberapa paragraf yang berisi gagasan pribadi dalam postingan di akun pribadinya dengan judul “Belas Kasih dalam Agama Kita” pada Mei 2017 lalu.

Afi menulis pengakuan dan permintaan maafnya di akun Facebook miliknya, Selasa, 13 Juni 2017.

Dalam postingannya, Afi mengaku bahwa dari sekian banyak tulisan yang telah ia buat, hanya satu tulisan saja yang dibuat dari hasil plagiasi. Tulisan tersebut hanya yang berjudul “Belas Kasih dalam Agama Kita.” Selain daripada itu, Afi mengaku semuanya adalah hasil dari pemikirannya sendiri. Bukan menjiplak karya orang lain.

“Dari ratusan tulisan dan beberapa diantaranya yang telah saya post di dunia maya, hanya satu tulisan itulah yang bukan tulisan saya sendiri. Yang lainnya, termasuk tulisan berjudul WARISAN yang membuat saya viral adalah tulisan saya sendiri dan bukan hasil copas tulisan orang,” tulis Afi.

Untuk pernyataan pemohonan maaf lengkap Afi yang diunggah dalam akun facebooknya, silahkan klik di sini.

NetizenIndonesia.com mencoba menulusuri akan kebenaran pernyataan Afi tersebut. Hasilnya, ternyata ditemukan banyak tulisan yang sangat mirip dengan tulisan yang diposting Afi dalam akun facebooknya.

Berikut tulisan yang sangat mirip dengan tulisan Afi yang NetizenIndonesia.com himpun dari berbagai sumber.

  1. “Warung Makan”

Status facebook yang diunggah Afi pada 8 Juni 2017 berjudul “Warung Makan,” ternyata juga pernah diunggah oleh pengguna media sosial facebook bernama Restu Adhi Firnanda pada tanggal 8 September 2010.

 

 

  1. Foto bertuliskan “I Want You to Be Happy”

Sebuah foto yang berisi tulisan berbahasa inggris yang diunggah Afi pada tanggal 2 April 2017, ternyata diketahui mengutip karya orang lain. Hal ini disampaikan oleh akun anonym Instagram bernama @lambe_turah. Kutipan tersebut ternyata telah diunggah dalam situs boldomatic.com oleh seorang netizen dengan akun @aussi-girl90 pada pada 26 Desember 2014.

 

  1. Agama Facebook

Salah satu pengguna media sosial facebook bernama Timur Suprabana berhasil mengungkap salah satu tulisan Afi tertanggal 28 November 2016, yang diduga menjiplak tulisan orang lain yang berjudul “Agama Facebook.” Ditulis pada tanggal 24 Februari 2015 dalam sebuah blog bernama ekoholic.

Untuk melihat tulisan berjudul “Agama Facebook” yang diduga dijiplak oleh Afi tersebut, silahkan klik link di bawah ini.

http://ekoholic.blogspot.co.id/2015/02/agama-facebook.html

Namun, setelah NetizenIndonesia.com telusuri, status facebook Afi tertanggal 28 November 2016 tiba-tiba hilang. Hanya tampak status tanggal 25, 26, 27 November, kemudian meloncat ke 29 November 2016. Status Afi yang diunggah pada 28 November tidak ditemukan.

Related posts

Leave a Reply