Viral Remaja 15 Tahun Nikah Muda, Netizen: KUA Kok Mengizinkan Ya?

Jakarta – Menikah diusia muda nampaknya saat ini sudah menjadi trend baru di kalangan anak muda. Pernikahan yang sakaral nyatanya kini berubah menjadi kebutuhan atau bisa disebut gaya hidup.

Baru-baru ini, netizen dihebohkan pernikahan sepasang remaja asal Baturaja, si pengantin yang bernama Amanda Safitri berusia 15 tahun, sementara pasangannya bernama Gaston berusia 17 tahun.

Pernikahan keduanya menjadi viral setelah si pengantin wanita memposting foto pernikahan mereka di media sosial facebook miliknya.

“Tepat tanggal 17 mei 2017 pukul 19:00 sang saksi dan penghulu mengesah kan kami ber dua, mulai dri saksi berbicara di sana kami brusaha untk hidup mandiri,pikiran dewasa, tahan smpe kakek dan nenek:v acara nya lancar.. Makasi tmen,saudara,and yg lain udah bntu doa_#GastonJelek,” tulis Amanda.

Hingga saat ini album foto Amanda dengan suaminya beredar di internet, viral dan sudah dibagikan sebanyak 1.700 kali. Pernikahan ini kemudian menimbulkan banyak komentar netizen, berikut beberapa komentar seperti dikutip NETIZENINDONESIA:

Akun @wolfgang13. “Ya baguslah dari pada zinah.”

Akun @Loda Magnusson. “Umur 15 tahun tapi kok udah tua gitu ya ?”

Akun @Reiraristra23. “KUA nya kok mengizinkan ya? Heboh, Pasangan Remaja Baru Usia 15 Tahun Sudah Menikah.”

Akun @Reisye Naomi. “Masih di bawah ketiak orang tua udah main nikah aja. Ntar anak istri dikasih makan apa? Kerikil? Atau jadi benalu orang tua?”

Akun @Tiza Hade. “Kemana orangtua bocah2 ini? Kemana para penegak hukum (ada Undang2 yg dilanggar). Maka yang salah adalah yg membiarkan. This world will not be destroyed by people who do wrong, but by people who see it but didn’t do anything.”

Sebelumnya juga tercatat beberapa pernikahan remaja di Indonesia yang membuat heboh karena minimnya usia pasangan tersebut.

Juni 2016 di Desa Gantarang, Kelara, Jeneponto, Sulawesi Selatan, netizen dihebohkan pernikahan pasangan pengantin yang masih sangat muda. Mempelai laki-laki masih berusia 13 tahun, sementara mempelai perempuan lebih tua satu tahun yakni berusia 14 tahun.

Alasan perkawinan ini cukup unik. Diduga kedua orangtua pasangan pengantin remaja ini menyetujui keputusan anak-anaknya karena kebelet ingin segera menimang cucu. Tampak pasangan pengantin remaja ini tak memperlihatkan kebahagiaan. Ekspresi keduanya datar dan dingin.

Padahal, jika merunut peraturan, usia minimal menikah bagi perempuan adalah 16 tahun dan pria 19 tahun. Namun, banyak kasus pernikahan di bawah umur terpaksa dilakukan dengan alasan tertentu, seperti kehamilan di luar nikah atau atas izin orang tua.

Related posts

Leave a Reply