Netizen: Siap-siap Akhir Juli Dari Terminal 2 ke 3 Bandara Cengkareng Bisa Naik Skytrain

Netizen siapkan diri nikmati transportasi baru Indonesia,kereta berjalan tanpa masinis Skytrain atau automated people mover system (APMS) yang segera dirilis dalam waktu dekat ini di Bandara Soekarno-Hatta. Transportasi yang didatangkan dari Korsel diduga menelan angka fantastis hingga Rp 950 Miliar ini diklaim menjadi kereta tanpa awak pertama di Indonesia. Rencananya, uji coba kereta yang biasa disebut Skytrain akan dilakukan pada akhir Juni ini.

Sementara itu, pengoperasian Skytrain secara menyeluruh direncakan pada Oktoboer 2017. Nantinya secara penuh Skytrain memiliki tiga rangkaian kereta (train set) yang masing-masing memiliki dua gerbong.

Nantinya Saat pengoperasian pada fase pertama yang akan menghubungkan terminal 2 ke terminal 3, skytrain masih akan melibatkan masinis untuk tahap awal atau ujicoba.
Kapasitas total satu train set itu dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

Selang dua bulan setelahnya, yakni pada Agustus 2017, tiga train set akan dioperasikan penuh dengan kapasitas angkut 528 orang.Headway skytrain di tiap terminal ditargetkan maksimal lima menit.

Sedangkan waktu tempuh skytrain dari Terminal 1 menuju integrated building ke Terminal 2, dan Terminal 3 ditetapkan sekitar tujuh menit. Seperti diketahui, saat ini AP II tengah mengebut target pengoperasian skytrain fase pertama bisa dilakukan pada Agustus 2017 mendatang. Sementara proyek fase selanjutnya yang menghubungkan terminal 1 ke terminal 2 masih saat ini masih dalam pembangunan infrastruktur. Ditargetkan skytrain akan beroperasi secara keseluruhan di tahun ini.

@Glory Haru


@Earthgrooves

@Aries Kurniawan

Related posts

Leave a Reply