Makanan Tinggi Kalori Tidak Bikin Gemuk

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi tak jarang menimbulkan kekhawatiran terlebih bagi kaum hawa. Namun ternyata makanan tinggi kalori tidak selalu menjadikan seseorang gemuk, bahkan bisa untuk terapi mengurangi berat badan. Apa saja itu?

Kuning Telur
Tidak heran ketika beberapa orang yang tengah menikmati hidangan telur kerap menghindari kuning telur karena tingginya kandungan kalori. Namun kuning telur, menurut beberapa ahli nutrisi menyebut kuning telur juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, B dan K2 yang ternyata sangat membantu dalam memelihara fungsi metabolisme tubuh juga baik untuk kesehatan tiroid. Dua hal tersebut penting untuk penurunan berat badan.

Susu
Susu rendah lemak kini semakin menjadi pilihan untuk membatasi asupan kalori. Hal tersebut ternyata kurang tepat. Berdasarkan sejumlah penelitian membuktikan mereka yang mengonsumsi susu (berlemak) justru memiliki angka obesitas lebih rendah. Itu karena lemak pada susu terdapat kandungan CLA, senyawa yang membantu penurunan berat badan.

Alpukat
Buah satu ini memang cukup digemari namun juga kerap dihindari karena kandungan lemak nabatinya yang tinggi dibandingkan jenis buah lainnya. Kandungan lemak pada alpukat justru membantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan dari ngemil. Dan lagi alpukat kaya akan vitamin, mineral dan serat, baik untuk pencernaan.

Kacang
Tidak ingin badan menjadi gemuk namun masih sulit menghindari kebiasaan ngemil? Cukup pilih camilan dari jenis kacang-kacangan. Kandungan protein dan serat yang tinggi menjadikan pengonsumsi kacang kenyang lebih lama. Jangan lupa, batasi jumlah asupannya dalam sehari karena memang jika sudah asyik ngemil kacang maka akan sulit berhenti.

Coklat
Ini semacam kabar terbaik bagi penggemar coklat. Coklat termasuk makanan berkalori tinggi. Namun juga mengandung vitamin A, B dan E, serta kalsium, zat besi dan berbagai nutrisi lain yang kaya akan antioksidan, juga serat, sangat dibutuhkan tubuh.

 

 

 

Related posts

Leave a Reply