Utamakan Mengonsumsi Makanan Berikut Saat Menstruasi

Pada saat fase menstruasi, karena pengaruh hormon, kondisi tubuh seorang perempuan biasanya menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menjaga tubuh tetap fit selama menjalani aktivitas sehari penuh.

Cokelat
Mengonsumsi cokelat dapat memicu produksi hormon serotonin dalam tubuh, baik untuk meningkatkan suasana hati saat menstruasi.

Kacang
Terutama jenis kacang almond, dianjurkan rutin dikonsumsi ketika memasuki fase bulanan wanita, karena merupakan sumber asupan zat besi bagi tubuh.

Ikan
Pada saat menstruasi, tubuh seorang perempuan cenderung menghasilkan hormon prostaglandin berlebih berakibat nyeri haid karena terjadi kontraksi otot. Dengan mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3, terutama pada salmon dan tuna maka akan membantu merelaksasi otot.

Sayuran Hijau
Pilih jenis sayuran yang berwarna hijau karena kaya akan kalsium, magnesium, kalium untuk mencegah nyeri perut, sementara kandungan vitamin K sangat baik untuk mencegah tubuh kekurangan darah.

Daging
Tubuh cenderung kehilangan banyak darah saat menstruasi, maka mengonsumsi daging dirasa sangat perlu untuk menjaga asupan zat besi untuk tubuh.

Air Mineral
Selain sederet makanan di atas, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan tubuh saat menstruasi. Utamakan minum air mineral sekurang-kurangnya dua liter setiap harinya dan kurangi mengonsumsi teh dan kopi karena kandungan kafeinnya dapat membuat perut tidak nyaman.

 

Related posts

Leave a Reply