Ini Cara Untuk Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan

NetizenIndonesia.com – Dahak atau lendir pada tenggorokan tentu akan sangat mengganggu dan merepotkan penderitanya dalam menjalankan aktivitas. Karena lendir pada tenggorokan akan mempengaruhi indera lainnya, seperti hidung menjadi ikut tersumbat dan pendengaran terganggu karena saluran telinga juga dapat ikut tersumbat.

Untungnya ada berbagai cara alami dan efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Berikut cara alami yang dapat dilakukan di rumah untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan.

 

Madu dan jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit pada saluran pernafasan, termasuk untuk mengeluarkan lendir atau dahak di tenggorokan. Cukup dengan sediakan 100 gram jahe yang telah di parut dan tambahkan 2 sendok makan madu. Setelahnya masukan ke dalam microwave selama 15 detik. Kemudian seduh 2 sendok makan ramuan tersebut dengan air hangat dan konsumsi secara rutin dan teratur sebanyak 3 kali sehari.

 

Lada

Rempah kedua yang dipercaya mampu untuk cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami adalah lada. Campurkan setengah sendok teh lada putih dengan 1 sendok makan madu, masukan ramuan tersebut ke dalam microwave selama 15 detik. Kemudian seduh dengan air hangat dan konsumsi sebanyak 3 kali sehari.

 

Bawang dan lemon

Bawang putih dikenal sebagai tanaman yang mempunyai kandungan zat antibiotik alami, sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri maupun virus penyebab radang pada tenggorokan. Pertama kupas bawangnya, kemudian masukkan di dalam juicer. Kemudian peras lemon ke dalam ramuan daun bawang dan tuangkan secangkir air mendidih ke dalam ramuan tersebut. Diamkan selama 2-3 menit. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok teh madu dan minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari hingga dahaknya menghilang.

 

Memperbanyak Minum Air Mineral

Minum air mineral dalam jumlah banyak adalah cara yang paling mudah untuk membantu menghilangkan dahak secara alami. Selain itu air mineral juga dapat berperan sebagai pengencer dahak sehingga akan lebih baik jika dilakukan terus menerus. Usahakan meminum air hangat setiap satu jam sekali sebanyak satu gelas.

 

Menggunakan Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Selain rasanya yang enak, permen pelega tenggorokan juga mengandung ekspektoran yang dipercaya mampu memecah dahak sehingga memudahkan untuk keluar dari tenggorokan.

 

 

Related posts

Leave a Reply