Menteri ESDM: Divestasi 51% Saham Freeport Sudah Disepakati, Netizen: Gunakan Sebaik-baiknya untuk Kepentingan Rakyat

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyatakan PT Freeport Indonesia siap melakukan divestasi 51% saham seperti keinginan dari pemerintah Indonesia. Menurut Jonan, itu sesuai dengan mandate presiden dan telah disepakati oleh PT Freeport Indonesia, pada konferensi pers di Kementrian ESDM, Jakarta, Selasa (29/08/2017).

Pada kesempatan itu pihak pemerintah yang hadir antara lain Menteri ESDM Ignasius Jonan selaku Ketua Tim Perundingan Pemerintah; Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta wakil dari Kementeriaan Koordinator Perekonomian, Kemenko Kemaritiman, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian LHK, Kementerian BUMN, Sekretariat Negara dan BKPM. Sementara dari pihak Freeport hadir President dan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson dan direksi PT Freeport Indonesia.

Salah satu kesepakatannya adalah terkait kepemilikah saham raksasa tambang tersebut. Kedua belah pihak menyepakati divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen untuk kepemilikan nasional Indonesia. Jonan menuturkan, pemerintah dan PT Freeport Indonesia akan bekerja sama untuk segera menyelesaikan dokumentasi dari struktur yang disepakati.

Untuk diketahui, divestasi merupakan salah satu dari empat poin kesepakatan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia untuk kelangsungan usaha perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu di Indonesia. Aturan mengenai divestasi saham tercantum dalam PP Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan keempat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Kesepakan pemerintah dengan PT Freeport menuai beragam komentar dari netizen, seperti berikut.

Gurit Sukmo Aji P.‏ (@ajprasetyo):

Semiaji‏ (@semiaji_w):

Myday A®mana‏ @MadeByArm):

Hernoko Ogie‏ (@ogie_hernoko):

A.R.Y‏ (@_AruiyS_):

adib_ajalah‏ (@adib_ajalah):

 

 

Related posts

Leave a Reply