Turunkan Kolesterol Setelah Idul Adha Dengan Cara Ini

Hari Jumat kemarin merupakan Hari Raya Idul Adha yang dirayakan oleh umat Islam. Nah, selama tiga hari mengkonsumsi daging, tentu sebagian dari Anda menghadapi bahaya naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mensiasati agar kolesterol tidak naik pasca Idul Adha, maka ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol.

  1. Makanan

Mengkonsumsi makanan tertentu setelah mengonsumsi banyak daging selama Idul Adha memang dianjurkan. Terlebih apabila makanan tersebut berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol usai pesta daging selama Idul Adha:

  • Oat

Oat adalah salah satu makanan serat larut yang dianggap efektif dalam menurunkan kolesterol yang naik pasca Idul Adha. Konsumsi semangkuk oat yang dilarutkan dengan air atau bubur oat sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol.

  • Alpukat

Alpukat termasuk buah yang paling baik untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • Salmon

Salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk para penderita kolesterol tinggi. Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam salmon bagus untuk mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, salmon juga memiliki kadar protein tinggi, lho!

  1. Minuman

Tidak hanya makanan, minuman tertentu juga baik untuk menurunkan kolesterol yang tinggi pasca Idul Adha.

  • Jus Jeruk

Untuk maupun minuman yang mudah ditemukan, jus jeruk bisa dikonsumsi demi mengurangi kolesterol jahat. Selain mudah ditemukan, harga yang terjangkau, ditambah lagi dengan kandungan vitamin C yang melimpah dalam jeruk juga menjadi alasan bagus untuk mengkonsumsi jus jeruk demi menurunkan kolesterol.

  • Teh Hijau

Secangkir teh hijau hangat dapat mengurangi kolesterol yang tinggi. Hal ini karena the hijau dikenal sebagai asupan super penuh senyawa penting untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

 

  1. Olahraga

Agar tubuh sehat dan kadar kolesterol turun, Anda juga harus mengimbangi pola hidup dengan olahraga. Makanan dan minuman sehat yang didukung dengan berolahraga akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Berikut olahraga yang baik untuk turunkan kadar kolesterol.

  • Yoga

Yoga merupakan penggabungan antara gerakana, teknik pernapasan, dan ketenangan pikiran. Olahraga ini akan membuat Anda rileks sekaligus mengeluarkan banyak keringat. Melakukan yoga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 35% dan membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

  • Tai Chi

Olahraga ini termasuk dalam cabang bela diri dan terkenal efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Gerakan-gerakan yang terdapat pada tai chi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 15% dan menaikkan kolesterol baik hingga 7%.

  • Zumba

Kegiatan olahraga ini hampir sama dengan aerobik yang memerlukan banyak gerakan dan cukup aktif. Namun,  olahraga ini cukup efektif untuk menurunkan kolesterol jahat.

Related posts

Leave a Reply