Diplomasi Menlu Terkait Rohingnya Disoroti Dunia, Netizen: Semoga Berhasil Membawa Kedamaian

JAKARTA – ‘Usaha keras dan Sungguh2 Pemerintah Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi! Semoga Berhasil membawa Kedamaian Rohingnya! Aamiin’, demikian kicauan netizen (@wahyonokuP) sebagai doa dan dukungan kepada Pemerintah Indonesia yang berupaya meredam krisis kemanusiaan atas warga Rohingnya.

Upaya diplomasi Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam meredam krisis Rohingya di Rakhine State, Myanmar, disorot dunia internasional. Keberangkatan Retno ke Myanmar atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berunding dengan sejumlah tokoh penting seperti National Security Adviser Myanmar Aung San Suu Kyi dan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Jenderal Senior U Min Aung Hlaing.

 

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, sudah berada di Myanmar, Senin 4 Agustus 2017. Menlu Retno sebelumnya bertolak dari Jakarta pada Minggu sore dan tiba di Kota Yangon pada Minggu tengah malam. Kedatangan Menlu RI ke Myanmar itu membawa misi dari Presiden Joko Widodo, untuk menemui langsung pemerintah Myanmar guna membicarakan krisis kemanusiaan atas penduduk etnis Rohingya.

Ada empat hal yang dibahas dalam pertemuan Retno dengan Suu Kyi terkait krisis kemanusiaan yang dialami warga Rohingya di Rakhine. Empat hal yang disampaikan Retno kepada Suu Kyi adalah mengembalikan stabilitas dan keamanan, menahan diri secara maksimal, tidak menggunakan kekerasan, serta memberikan perlindungan kepada semua orang di Rakhine State tanpa memandang suku dan agama.

Ada pun berbagai cuitan netizen menanggapi pemberitaan di atas.

Paul Sumera‏ (@paulsumera):

Azhar Matang‏ @AzharMatang):

1212 AD (@1212AD1):

Nenengsarilah‏ (@nengsarilah):

 

Related posts

Leave a Reply