Klaim FPI Aceh Telah Tiba di Myanmar Bantu Masyarakat Rohingya Ternyata Hoax

NetizenIndonesia.com – Niat baik Front Pembela Islam di daerah membuka pendaftaran calon relawan yang akan dikirimkan untuk membantu etnis Rohingya yang sedang dilanda krisis dengan salah satu persyaratannya adalah siap mati syahid sangat patut untuk diapresiasi.

Namun sayang beribu sayang, semangat jihad FPI itu kemudian tercoreng dengan foto hoax yang disebarkan oleh salah satu simpatisan FPI yang bernama Zumar. Melalui akun facebook miliknya Sri Kenty Kenty, ia memposting gambar dan mengklaim bahwa FPI sudah berada di Myanmar.

Entah apa maksud dan tujuan akun tersebut, yang jelas, foto tersebut adalah hoax.

Informasi tersebut diketahui tidak benar alias hoax, setelah salah seorang netizen bernama Menungso Urip membagikan sebuah foto yang sangat mirip dengan foto yang diunggah oleh Sri Kenty Kenty tadi.

Dalam foto yang dibagikan oleh Urip dalam kolom komentar, terlihat jelas bahwa foto tersebut pernah diunggah tahun lalu, tertanggal 24 November 2016 oleh seorang pengguna media sosial Facebook bernama Amanaf Nasution.

Menurut informasi, ternyata foto tersebut adalah warga Rohingya yang sedang mengungsi di Aceh, bukan FPI Aceh yang telah tiba di Myanmar membantu masyarakat Rohingya.

Adapun lokasi foto tersebut adalah di Desa Kuala Cangkoy Lapang, Aceh Utara. Daerah ini dijadikan posko FPI dalam penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Rohingya pada Mei tahun 2015 silam.

Berdasarkan pantauan NetizenIndonesia.com Selasa (5/9/2017), postingan yang ternyata diketahui hoax tersebut telah dibagikan sebanyak 12.260 kali dan ditanggapi oleh netizen sebanyak 4.700 lebih.

Related posts

Leave a Reply