Peringati HUT Gus Dur Hari Ini, Doa Netizen Jadi Tranding Topic Nasional

JAKARTA – Tepat 7 September 1940 lalu, pasangan Wahid Hasyim dan Solichah dikaruniai seorang anak pertamanya, Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Anak lelaki kelahiran Jombang, Jawa Timur itu pernah menjadi orang besar dan kebanggaan Indonesia

Mantan Presiden Republik Indonesia ke-4 itu sejatinya lahir dengan nama Abdurrahman Addakhil. “Addakhil” berarti “Sang Penakluk”. Kata “Addakhil” tidak cukup dikenal dan diganti nama “Wahid”, kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur. “Gus” adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada seorang anak kiai yang berati “abang” atau “mas”.

Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Wahid lahir dalam keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas Muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya adalah K.H. Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara kakek dari pihak ibu, K.H. Bisri Syansuri, merupakan pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan. Ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, terlibat dalam Gerakan Nasionalis dan menjadi Menteri Agama tahun 1949. Ibunya, Ny. Hj. Sholehah, adalah putri pendiri Pondok Pesantren Denanyar Jombang.

Gus Dur sendiri pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) Nahdlatul Ulama dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Gus Dur wafat di Jakarta, 30 Desember 2009 di usianya yang ke-69 tahun. Berikut berbagai ucapan memperingati hari lahir Gus Dur hari ini banyak dikicaukan warganet jejaring media sosial twitter.

mansyur hanafi‏ (@andhapasore):

endangst‏ (@endangst1):

hallositi‏ (@SitiNFadhilah):

Trie Dephi Sweet 💟‏ (@TrieDephi):

muli gardenia yulini‏ (@muli_yulini):

 

Related posts

Leave a Reply