Jangan Nefting! Percaya Gak Percaya Ini Arti Di Balik Mata Kedutan Secara Medis Dan Mitosnya

Kedutan menjadi salah satu fenomena tubuh manusia yang kerap dihubungkan dengan berbagai mitos dan ramalan. Hal ini bukan karena sebab, banyak sekali tafsir kedutan mata yang disebarkan oleh ahli primbon. Bagi yang mempercayainya, kedutan disangkut pautkan dengan berbagai kejadian yang akan dialami di kemudian hari. Namun, bagi yang tidak memperayainya, kedutan dianggap sebagai suatu indikasi dari suatu aktivitas syaraf bahkan tanda dari kelainan dalam tubuh.

Menurut media kedutan pada mata umum terjadi. Kondisi ini disebut myokymia dan lazim dialami sebagian besar orang beberapa kali dalam hidupnya.Namun, mata kedutan juga bisa timbul karena beberapa penyebab :

1.Infeksi kelopak mata

Radang kelopak mata jadi penyebab utama mata kedutan. Bakteri yang masuk ke dalam kelopak menyebabkan radang dan kemerahan hingga otot mata bergetar. Untuk mengatasinya, basahi kain atau handuk dengan air panas dan letakkan pada mata selama beberapa menit dan diulang beberapa kali dalam sehari. Baca juga: Trik Pakai Maskara untuk Mata Sensitif

2.Stres

Pelepasan hormon kortisol dan adrenalin kala stres membuat otot mata jadi lebih sensitif dan mudah teritasi. Baik stres ringan hingga stres kronik bisa menyebabkan mata kedutan

3.Kafein berlebihan

Kafein dalam kopi dan cokelat menyebabkan saraf dan otot di sekitar mata menjadi hiperaktif. Akibatnya, mata menjadi kedutan. Bahkan, dokter spesialis mata Amy Zimmerman, M.D menemukan beberapa kasus mata kedutan seusai hari Valentine karena konsumsi cokelat yang berlebihan. Untungnya, kedutan pada mata akan berkurang jika konsumsi kafein dikurangi.

4.Letih

Ketika tubuh kelelahan, sistem saraf juga rentan menjadi hiperaktif. Solusinya, perbanyak waktu tidur agar tubuh beristirahat.

Namun adapun arti kedutan dalam mitos, karena sudah banyak orang yang membuktikan kebenaran ramalan arti kedutan ini. tak sedikit di antaranya yang awalnya acuh dan menganggap remeh, kemudian menjadi percaya dengan ramalan tersebut setelah membuktikannya sendiri. Apa saja artinya ini diantaranya:

Stress

Dr. Karen Wolfe terkenal sebagai dokter yang juga sukses meluncurkan buku “Create the Body Your Soul Desires”. Buku ini menceritakan berbagai macam masalah pada mata, salah satunya adalah kedutan. Beliau mengatakan bahwa mata yang berkedut disebabkan karena kondisi tubuh yang dilanda stres atau kelelahan yang maksimal. Bahkan beliau berani menjaminnya pada 99% kasus kedutan. Kedutan bisa terjadi di bagian mata manpun tergantung dengan syaraf yang bermasalah.

Rezeki

Kedutan pada mata kanan kerap menerpa? Bisa jadi itu pertanda bahwa Anda sebentar lagi akan mendapatkan rejeki melimpah. Ini adalah tafsir dari primbon Jawa kuno. Banyak orang yang masih mempercayainya, lalu bagaimana dengan Anda?

Keberuntungan

Kedutan pada mata kanan juga bisa diartikan sebagai suatu tanda bahwa keberuntungan akan segera menghampiri Anda. Ini tentu merupakan suatu kabar menggembirakan khususnya bagi Anda yang sedang memulai suatu usaha.

Kesembuhan Dari Penyakit

Kabar gembira bagi Anda yang sedang mengidap penyakit lalu kerap dilanda kedutan pada mata kanan Anda. Pasalnya, ini bisa jadi pertanda bahwa penyakit Anda akan segera diangkat dan kesembuhan sudah di depan mata. Namun ini tidak bisa diartikan bahwa Anda bisa menghentikan proses pengobatan karena ini hanya suatu terawangan dari buku primbon.

Kesedihan

Namun ketika bagian bola mata kanan yang mengalami kedutan, ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda akan bersedih.

Waktu atau durasi kedutan akan beragam, bahkan ada yang bisa mencapai 1 menit lamanya. Meskipun tidak menyakitkan atau mengganggu aktivitas, kedutan yang terjadi terus-menerus dalam satu hari harus diwaspadai. Umumnya, mata kedutan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kedutan pada mata semakin parah hingga mempengaruhi salah satu bagian wajah, disarankan segera mencari bantuan medis. Sebab, kemungkinan kedutan tersebut adalah gejala mata kering, abrasi kornea, atau gangguan pada saraf.

Related posts

Leave a Reply