Marak Penyebaran Foto Hoax Krisis Rohingya, Netizen Mudah Terbawa Arus

Netizenindonesia.com – Penyebaran berita bohong atau hoax dijagad media sosial kian merajalela. Salah satu penyebabnya, lantaran banyak masyarakat Indonesia yang mengakses media sosial dan menyebarkannya kembali tanpa memastikan kebenarannya.

 

Bahkan, berbagai foto kekejaman di Rakhine terhadap warga Rohingnya terus menyulut emosi netizen. Padahal, Presiden Joko Widodo secara tegas menyatakan perang terhadap hoax.

 

Tentunya, penyebaran berita hoax tersebut tidak menyelesaikan masalah. Namun menimbulkan masalah baru dengan membuat provokasi, fitnah, dan adu domba ditengah masyarakat.

 

Oleh karena itu, Humas Polda Jawa Tengah (hms_poldajateng) melalui akun resmi instagramnya merilis sejumlah foto hoax yang dikaikan dengan Rohingya. Dengan tujuan, agar masyarakat serta netizen tidak mudah terpicu emosinya. Berikut ulasannya.

 

  1. Fakta, foto demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Myanmar, karena kenaikan harga BBM di negara tersebut pada tahun 2007.

 

  1. Fakta, foto ledakan tangki yang menelan 220 korban jiwa, terjadi pada tahun 2010 di Sange Congo.

 

  1. Fakta, foto seorang guru bela diri di India yang menguji ketahanan siswanya dengan cara melindas tangan mereka dengan motor.

 

  1. Fakta, foto tersebut adalah korban bencana topan nargis tahun 2008.

 

  1. Fakta, foto tersebut bukan foto mayat, tapi foto para demonstran muslim yang ditangkap karena dianggap memperkeruh konflik dari perkembangan kasus Pattani di Thailand Selatan pada Oktober 2004.

 

  1. Fakta, foto tersebut adalah foto situasi ketika umat Buddhist di Tibet membantu evakuasi mayat pasca terjadinya gempa di Cina.

 

  1. Dilain sisi, ada sejumlah akun media sosial yang turut menyebarkan berita hoax, seperi ini. Fakta, foto kegiatan ritual yang dilakukan orang India untuk menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara mengalirkan energi magis melalui kakinya.

 

Dan berikut kumpulan komentar dari sejumlah netizen:

1. Babeth Kartika

 

2. Fritz pongrekun

 

3. Silden G

 

4. Engka Kaoy

 

5. Saggita

 

6. Zaenal Mustafa

Related posts

Leave a Reply