Punya Smartphone Rilisan Terbaru, Ditjen Pajak: Ingat, Tambahkan di Kolom Harta SPT Tahunan!

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia mengimbau masyarakat Indonesia yang memiliki smartphone atau ponsel pintar seri rilisan terbaru untuk wajib menyantumkan dalam daftar harta di Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan.

Sosialisasi mengenai hal di atas juga dilakukan Ditjen Pajak RI melalui akun jejaring sosial twitter, #PajakKitaUntukKita‏ (@DitjenPajakRI) seperti berikut.

Dilansir beberapa sumber, Ditjen Pajak RI menyatakan aturan pelaporan smartphone memang tak tertulis jelas dalam ketentuan pelaporan harta dalam SPT Tahunan. Sehingga, tetap bergantung pada kesadaran wajib pajak.

Smartphone dikategorikan sebagai harta yang dibeli dengan penghasilan, sehingga perlu diperjelas dalam pelaporan SPT Tahunan. Sehingga, laporan SPT Tahunan yang terdiri dari penghasilan ditambah harta dan konsumsi dalam satu tahun menjadi seimbang saat disetor ke Ditjen Pajak.

Dengan melaporkan harta ke dalam SPT pajak, Ditjen Pajak bisa melihat adanya sinkronisasi antara besarnya penghasilan dengan besarnya tambahan harta yang terjadi dalam satu tahun.

Sementara itu, kicauan akun Ditjen Pajak RI mendapat berbagai komentar dari netizen dan langsung ditanggapi oleh akun @DitjenPajakRI, seperti terangkum berikut ini.

Elfian Widyprihatna‏ (@elfianwidy):

Richie S Ergan‏ (@richiesergan):

Mutia Pertiwi‏ (@Pertiwimutiad):

 

Related posts

Leave a Reply