Simpel Kok, Siasati Kejenuhan Duduk Di Depan Komputer Dengan 5 Cara Ini!

Terlalu lama duduk dibelakang meja komputer, dengan posisi yg sama ternyata gak baik buat kesehatan,misalnya dapat menimbulkan gangguan kecemasan, menyebabkan nyeri punggung karena kakunya otot, serta dapat memicu serangan jantung yg diakibatkan oleh pembekuan darah pada kaki. Disamping itu, bagi laki-laki, duduk terlalu lama dengan posisi yg sama juga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

Jadi mulai sekarang, imbangi waktu duduk dengan perbanyak minum air putih dan olahraga teratur. Lalu bagaimana caranya agar tetap hidup sehat tanpa perlu meninggalkan meja kerjamu? Yang kamu perlukan adalah mengubah sedikit kebiasaan harianmu dengan beberapa cara ini.

  1. Perbanyak minum air putih

Selalu siapkan satu botol air minum di mejamu. Setiap kali merasa ingin ngemil, minumlah dulu. Kamu juga bisa menargetkan diri untuk minum 1-2 liter air setiap harinya. Cara ini sama dengan diet alami, sangat efektif menjaga berat badan bahkan jika kamu tidak banyak bergerak.

  1. Berdirilah sesekali

Berikan sedikit gerakan jika kamu lelah duduk. Berdiri sesekali, entah ke pantry, ke toilet atau hanya di depan mejamu. Berdirilah sambil mengetik. Lakukan setiap 1-2 jam sekali. Tetap berdiri selama 5 menit. Kamu juga bisa menggerak-gerakkan kaki saat berdiri, lalu duduklah kembali.

  1. Makan buah dan sayuran

Pastikan menu sarapan dan makan siangmu terdiri dari buah dan sayur. Kurangi makanan yang digoreng. Jika ingin ngemil, kamu bisa membuat salad atau minum jus. Karena buah dan sayur mampu memenuhi nutrisi tubuh, kaya antioksidan, dan menjaga berat badan secara alami. Karena kamu kurang gerak, makan juga buah bit untuk yang meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme.

  1. Ganti kopi dengan air lemon hangat

Jika terbiasa minum kopi manis, coba ganti minumanmu dengan lemon hangat, jahe hangat, teh hijau atau teh tawar. Kurangi gula di pagi hari untuk mencegah kegemukan. Jika ingin minuman manis, ganti gula pasir dengan madu.

  1. Stretching

Sambil duduk, kamu bisa melakukan stretching sederhana, angkat kedua tangan ke atas, bawa ke samping, depan, dan bawah. Begitu juga dengan memutar kepala, dan lainnya. Jika sedang longgar dan mendengar lagu yang up-beat, kamu bisa juga berjoget seadanya.

Dengan lima cara ini, kamu tetap bisa menjaga kesehatan meski hanya duduk sepanjang hari,begitu simpel bukan.  Karena sebenarnya ada banyak cara menjaga kesehatan bahkan jika kamu duduk sepanjang hari di depan meja kerjamu.

Related posts

Leave a Reply