Postingan Akun Div Humas Polri Digeruduk Netizen Gara-gara Tulis G30S tanpa PKI

NetizenIndonesia.com – Akun resmi facebook Divisi Humas Polri kembali jadi sorotan netizen. Kali ini terkait peristiwa sejarah G30S/PKI.

Dalam postiangnnya pada 26 September 2017 kemarin, akun Div Humas Polri memposting tentang sosok Sukitmam, seorang polisi yang ikut diculik dalam peristiwa G30S/PKI.

Yang menjadi sorotan netizen adalah dalam postingan Div Humas Polri tersebut tak disebut PKI atau Komunis. Hanya menulis G30S.

Berikut postingan Divisi Humas Polri:

“Pada 30 September 1965 di malam hari, Sukitman sedang menjalankan tugas patroli. Tiba-tiba, terdengar suara tembakan diikuti rentetan letusan senjata. Ia bergegas menghampiri sumber suara dengan sepeda kumbangnya (hadiah bagi polisi berprestasi) ke arah kediaman Brigadir Jenderal D.I Panjaitan. Namun, sekelompok orang menghadang dan menculiknya.

Agen Polisi Tingkat II Sukitman ikut dibawa ke Lubang Buaya dan menjadi salah satu saksi penculikan dan pembunuhan beberapa pemimpin TNI dalam Peristiwa G30S.”

Sedangkan dalam wikipedia, sosok Sukitman ditulis sebagai berikut:

Ajun Komisaris Besar Polisi (Purn.) Soekitman (lahir di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat , 30 Maret 1943 – meninggal di , Depok, Jawa Barat , 13 Agustus 2007 pada umur 64 tahun) adalah saksi sejarah terjadinya Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia G30S/PKI dan penemu lokasi pembuangan jenazah para jenderal Pahlawan Revolusi Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Soekitman terakhir berdinas di kepolisian selaku Kepala Sub Bagian (Kasubag) Regiden Polda Metro Jaya, dan pensiun pada 1998.

Sontak postingan Div Humas Polri yang sama sekali tak menyebut atau menulis PKI tersebut membuat netizen heboh.

Di kolom komentar, netizen langsung menggeruduk dan mempertanyakan postingan tersebut.

1. Cah yadi

2.  Arief Mardani

3. Mulyono Bin Abdurrohim

4. Yogi Emperador brandy

 

Pantauan NetizenIndonesia.com Rabu (27/9), Postingan Div Humas Polri ini mendapat 1.957 komentar, disukai sebanyak 4. 247 dan dibagikan sebanyak 965 kali.

 

Related posts

Leave a Reply