Presiden Jokowi Lantik Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, Netizen: Semoga Amanah

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X di Istana Negara, Selasa (10/10/2017) sore.

Berdasarkan siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, penetapan tersebut sesuai dengan mekanisme yang berdasarkan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.

Serangkaian prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden Joko Widodo kepada calon gubernur dan wakil gubernur di Ruang Kredensial Istana Merdeka.

Kemudian, Presiden didampingi Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, bersama Sri Sultan dan Paku Alam berjalan kaki menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Momen dikenal dengan sebutan prosesi kirab dimana keempatnya diiringi oleh pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju Istana Negara.

Setibanya di Istana Negara, calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 107/P Tahun 2017 tentang Pengangkatan Sri Sultan dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Jabatan Tahun 2017-2022.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Kegiatan pelantikan tersebut ditutup dengan foto bersama. Beberapa foto diunggah oleh akun twitter resmi Sekretariat Negara‏ (@KemensetnegRI), yang turut diramaikan netizen dengan berbagai komentar, seperti berikut.

Muhammad Ali‏ (@Muhamma35667403):

alwanp216‏ (@alwanp216):

Wolter Wortel‏ (@WolterWortel):

RajaAlfur Makatita‏ (@RajaAlfurM):

 

Related posts

Leave a Reply