Minuman Ampuh Penghangat Tubuh Dikala Musim Hujan

Penghangat tubuh tidak selalu identik dengan selimut atau penghangat ruangan. Ada juga beberapa minuman yang bisa membuat tubuh Anda dalam mode hangat dalam seketika. Dikala musim hujan tiba, mengonsumsi minuman hangat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik ketika sedang bersantai. Hal ini akan membuat tubuh menjadi sedikit lebih hangat. Pasalnya menjaga kondisi badan menjadi hal utama agar bisa melakukan segala aktivitas. Tubuh juga memerlukan perhatian saat musim hujan. Maka dari itu, cobalah untuk sesekali menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman hangat di musim hujan.

1. Sekoteng

Zaman sekarang penjual sekoteng sudah mulai langka untuk di cari, namun jika musim hujan tiba kehadirannya banyak ditunggu. Sebenarnya jika ingin membuat sendiri di rumah cukup mudah. Caranya air rebusan jahe, gula, pandan kemudian di saring lalu ditambah dengan potongan kolang-kaling, kacang hijau, kacang tanah serta serta potongan roti.
Kemudian diberi susu kental manis untuk memberikan rasa manis didalamnya, setelah itu tuang ke dalam gelas. Sekoteng bisa menjadi salah satu pilihan utama minuman di musim hujan apalagi jika dinikmati bersama keluarga di rumah saat sedang hujan.

2. Wedang Ronde

Minuman khas Solo dan Salatiga ini sebenarnya hampir sama dengan sekoteng, namun isi dari minuman hangat di musim hujan ini yang membedakan. Wedang ronde ditambahkan dengan tepung ketan atau umbi yang menyerupai biji salak atau kelereng.
Wedang ronde biasanya juga disebut dengan wedang biji salak, mungkin karena di liat dari tambahannya hampir menyerupai buah biji salak. Pas sekali disajikan saat musim hujan, apalagi keadaan perut sedang kosong.

3. Bir Pletok

Jika mendengar namanya pasti akan terbesit minuman yang mengandung banyak alkohol. Eits, jangan khawatir bir pletok berbeda dengan bir pada umumnya. Bir pletok mengandung banyak rempah-rempah yang berfungsi untuk menghangatkan badan.
Oleh sebab itu, banyak orang yang menyamakan bir pletok dengan minuman sejenis alkohol karena sama-sama membuat tubuh menjadi hangat. Bir pletok juga bisa dengan mudah dibuat sendiri. Bahan utama untuk membuat bir pletok yaitu, jahe, daun pandan, serai, kapulaga, merica hitam serta kayu manis.
Warna merah pada bir pletok hasil dari tambahan kayu secang. Biasanya bir pletok dikonsumsi oleh remaja dan orang yang sudah lanjut usia, jarang anak kecil yang mengonsumsi minuman ini.


4. Bajigur

Bajigur juga salah satu pilihan utama minuman di musim hujan yang pas dikonsumsi disaat dingin. Biasanya bajigur banyak di jajakan penjual keliling ditambah dengan ubi, pisang, kacang rebus atau timus. Bajigur banyak mengandung gula aren dan santan, lalu diberikan sedikit jahe dan daun pandan.
Bajigur biasanya ditambah dengan cemilan ringan saat dikonsumsi. Bajigur merupakan salah satu minuman hangat di musim hujan yang bisa dikonsumsi sekeluarga.


5. Bandrek

Bandrek merupakan salah satu minuman hangat yang pas untuk dikonsumsi saat musim hujan datang. Minuman ini juga kaya akan rempah-rempah. Bandrek merupakan salah satu minuman khas yang sering di minum masyarakat betawi dan sunda. Namun membuat bandrek lebih sulit dari pada bajigur.
Ada beberapa rempah-rempah yang harus ditambahkan, misalnya cengkeh, sereh, gula, kapulaga dan ketumbar. Sajian hangat ini pas sekali dinikmati saat musim hujan datang, karena bisa menghangatkan badan.


6. Kembang Tahu

Jika dilihat dari namanya kembang tahu mungkin hasil olahan dari kedelai. Yups, memang benar. Kembang tahu berasal dari endapan kedelai yang sudah direbus lalu ditambah dengan air jahe dan daun pandan serta gula. Salah satu manfaat jahe sebagai tambahan untuk menghangatkan badan di saat cuaca dingin menyerang.
Ternyata, tak hanya disebut dengan minuman hangat dimusim hujan, kembang tahu ini berfungsi sebagai serat yang bagus untuk pencernaan.


7. Hot Lemon Tea

Ternyata tak hanya minuman yang mengandung jahe saja bisa digunakan untuk menghangatkan badan. Contohnya, hot lemon tea. Perpaduan antara teh dan lemon tea bisa digunakan sebagai salah satu minuman dingin di musim hujan. Cara membuatnya mudah kok, cukup membuat teh hangat seperti biasa lalu dicampur dengan perasaan lemon. Namun lebih baik jika ingin mengonsumsi minuman ini, disarankan untuk mengisi perut dengan makanan terlebih dahulu.
Di khawatirkan, lambung akan kaget karena langsung mendapat rasa asam dari lemon tea. Tapi dibalik semua kekhawatiran itu, ternyata ada banyak sekali manfaalemon tea yang bisa didapatkan untuk tubuh. Seperti membuat nafas segar, melancarkan pencernaan dan membuat tubuh tetap hangat.
8. Hot Chocolate Coffee

Bagi penikmat coklat dan kopi ternyata bisa lho mencampurkan kedua jenis minuman hangat ini untuk menemani waktu sore. Apalagi di saat musim hujan telah datang. Perpaduan antara coklat dan kopi bisa menjadi salah satu pilihan utama untuk menghangatkan badan.
Kalian juga bisa membuat dengan mudah kok, caranya masukkan gula, coklat bubuk dan kopi bubuk lalu aduk dengan rata. Setelah itu lalu tambahkan susu kental manis dan jangan lupa aduk rata kembali. Untuk lebih menghangatkan badan masukkan dahulu ke dalam microwave selama 1 menita agar semua rasa menjadi satu.


9. Teh Tarik

Minuman yang berasal dari Malayasia ini biasanya dijual oleh mamak, sebutan orang muslim di India. Minuman ini berupa teh yang diberi susu kental manis lalu dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya, maksud arti dari kata tarik.
Selain itu proses penarikan ini juga membantu untuk mendinginkan teh dan susu kental manis agar bercampur dan membuat aromanya tercium. Setelah berbusa teh tarik siap untuk dinikmati sebagai minuman hangat di musim hujan. Biasanya teh tarik dihidangkan dengan makanan kecil.
Banyak juga minuman yang bisa dipilih saat musim hujan untuk menghangatkan badan.

10. Teh jahe dengan kayu manis

Hampir sama minuman jahe, teh jahe yang disuguhkan dengan beberapa batang kayu manis ini adalah penghangat tubuh yang bisa dikonsumsi pagi dan malam. Apakah kamu tertarik mencoba salah satunya?

Related posts

Leave a Reply