Registrasi Ulang SIM Card Munculkan Pro Kontra Netizen

Netizenindonesia.com – Dunia telekomunikasi Indonesia mulai memasuki babak baru. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mewajibkan pengguna SIM Card untuk melakukan registrasi ulang guna mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terhadap hal-hal yang akan merugikan.

 

Selama ini, banyaknya kartu Perdana yang dijual secara bebas di gerai-gerai dengan status SIM Card yang sudah teraktivasi tanpa keterangan data yang benar. Yang menjadi kekhawatiran adalah ketika kartu-kartu yang telah teraktivasi tersebut disalahgunakan untuk melakukan penipuan atau penyebaran berita palsu (hoax), dan lain sebagainya.

 

Untuk menghindari kasus tersebut terulang lagi, aturan resgistrasi ulang diberlakukan untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama. Pelanggan yang tidak melakukan registrasi akan dicabut layanan selulernya secara bertahap, mulai dari panggilan telepon, SMS, hingga Internet.

 

Registrasi ulang nomor SIM Card yang divalidasi dengan NIK dan KK ini mulai diterapkan tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan 28 Februari 2018. Bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun dan belum memiliki KTP, bisa melakukan registrasi dengan NIK di kartu identitas anak (KIA) dan KK.

 

Untuk proses registrasi pun tidak sulit. Caranya, cukup kirim SMS ke 4444 dengan format NIK# NomorKK#, sedangkan pelanggan lama bisa menggunakan format ULANG# NIK# NomorKK#. Registrasi dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan calon pelanggan baru dan pelanggan lama prabayar tervalidasi.

 

Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia terbilang lamban dalam menerapkan validasi SIM Card tersebut. Bahkan, disejumlah negara aturan untuk mendapatkan SIM Card terbilang ketat dan berbelit. Sebisa mungkin, Kemenkominfo meminta agar pelanggan mengaktivasikan nomor SIM Card di gerai resmi.

 

Dilini netizen, kabar tersebut memunculkan pro dan kontra. Ada yang menerima dan ada pula yang merasa keberatan dengan aturan tersebut, diantaranya.

 

  1. Ryan krenz‏ @Ryan_krenz

 

  1. AHMAD‏ @ZakiriAhmad

 

  1. Siswanto SP‏ @siswantosp

 

  1. Fadli Rahman A. @fadli.ngk

 

  1. BONA‏ @SK_WJSNBona

 

  1. Ndhasmumet @ndhasmumet

 

  1. Awe Syahputra

  1. Manik Sukoco

 

Related posts

Leave a Reply