Idrus Marham dan Rizal Ramli, Dua Tokoh Pengkritik Jokowi yang Diangkat Jadi Menteri

NetizenIndonesia.com – Sejak menjabat sebagai presiden, Joko Widodo (Jokowi) banyak memiliki kebijakan. Dari beberapa kebijakan tersebut, tentu ada yang mendapat dukungan baik dari masyarakat atau politisi. Namun, tak bisa dipungkiri, banyak pula beberapa pihak yang tidak setuju bahkan kerap mengkritik kebijakan tersebut.

Hingga kini, sudah tak terhitung berapa kritikan yang telah dilancarkan kepada Presiden Jokowi atas kebijakan yang dibuatnya. Namun, dalam beberapa kesempatan, ia menyatakan bahwa kritik merupakan tanda cinta. Dan benar saja, beberapa tokoh yang vokal mengkritiknya justru ia angkat jadi menteri.

Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Idrus Marham

 

Idrus Ilham diangkat menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indarparawansa yang sebelumnya menjabat menjadi Menteri Sosial. Sebelum menjadi menteri, pria kelahiran Pinrang ini pernah jadi Anggota Koalisi Merah Putih (KMP), yakni kelompok partai yang disebut kontra terhadap Jokowi. Saat Pilpres 2014, Idrus Irham berada di pihak Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Idrus menilai ada perbedaan visi misi antara dirinya dan Jokowi.

2. Rizal Ramli


Rizal Ramli pernah diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode 12 Agustus 2015 – 27 Juli 2016. Pria kelahiran Padang ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia dan Menteri Keuangan Indonesia.

Tak ada yang menyangka bahwa Jokowi akan melantik seorang menteri yang kerap mengkritiknya. Rizal Ramli terkenal dengan kritikan pedasnya akan kebijakan Jokowi.

Rizal Ramli sempat mengkritik langkah Jokowi mengenai kebijakan kenaikan BBM yang dianggap terlalu malas. Rizal Ramli juga mengkritik kebijakan kenaikan gas LPJ 3 kg. Bahkan ia pun meragukan pertumbuhan ekonomi di era pemerintahan Jokowi.

Pada reshuflle kabinet jilid dua yang dilakukan pada Rabu, 27 Juli 2016, Rizal Ramli dicopot dari Menko Kemaritiman dan digantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Saat ini, Rizal Ramli kembali melancarkan kritikannya kepada pemerintahan Presiden Jokowi. Bahkan bisa dibilang kritikannya lebih pedas dari sebelumnya. Teranyar, ia mengritik kebijakan pemerintah terkait impor beras.

Related posts

Leave a Reply