Beredar Foto dan Video Hoax Seputar Gempa Banten 23 Januari 2018

NetizenIndonesia.com – Indonesia kembali dilanda bencana yang melanda Banten. Gempa dengan kekuatan 6,1 SR mengguncang Banten. Dampak gempa ini terasa hingga beberapa kota seperti Jakarta, Bandung bahkan Sukabumi.

Namun tidak lama setelah kejadian ini sejumlah video serta foto tersebar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam foto serta video tersebut diperlihatkan dampak gempa dan juga suasana ketika gempa sedang melanda.

Salah satu yang paling terkenal dan dipercayai oleh sebagian netizen adalah video sebuah truk yang bergoyang ke kanan dan ke kiri.

Dalam video tersebut, banyak pula orang-orang yang berteriak ketakutan karena bencana tersebut.

Karena suasana yang memang bisa dikatakan sangat mirip dengan kondisi ketika gempa sedang melanda, maka banyak orang yang mempercayainya.

Namun, ternyata video tersebut sama sekali tidak benar. Truk yang bergoyang tersebut rupanya diambil di pelabuhan Merak. Peristiwa ini ternyata terjadi pada pertengahan bulan lalu. Truk bergoyang karena kapal sedang dihantam badai.

Selain video ada pula foto yang memperlihatkan sebuah jalan yang retak dan hampir terbelah. Sebagian orang mempercayai bahwa kondisi jalan di dalam foto tersebut adalah dampak dari gempa Banten.

Namun yang terjadi sebenarnya adalah jalan retak ini terletak di Wonosari Gunung Kidul. Foto tersebut sebelumnya telah diunggah pada Senin 22 Januari 2018, namun justru disalahgunakan dengan dianggap sebagai jalanan di Banten yang rusak akibat gempa.

Related posts

Leave a Reply