Cerita Tragis Ibu-ibu Ditipu Olshop Mainan Anak, Jangan Ada Korban Lagi!

NetizenIndonesia.com – Pada awalnya, saya melihat postingan sebuah akun online shop asli (bukan tipu-tipu), yang mengungkapkan bahwa koleksi foto dagangan mereka dicuri oleh sebuah akun, saya coba untuk membuka akun tersebut dan mendapati alamatnya.

Akun online shop bernana @happy.babyq_ yang sudah merugikan banyak olshop lain.

Penasaran saya mencoba untuk menghubungi kontak yang tertera pada akun online shop @happy.babyq_, saya menghubungi akun WA untuk memesan nunaleaf (ayunan bayi).

Sumber: Screenshot chat saya dengan si penipu via whatsapp.

Bisa anda lihat hasil screenshot chat saya dengan pemilik akun yang nampak profesional ketika mengetahui saya akan memesan mainan.

Tidak kehabisan akal, dia memberikan promo berupa free ongkir bahkan harga yang tertera juga bisa dinego lebih murah. Selanjutnya, dia meminta saya untuk melakukan pembayaran via transfer karena dijanjikan barang dijamin lengkap dan sudah dipacking siap kirim.

Belum juga berhenti, mereka terus memaksa dan meminta saya untuk melakukan pembayaran dan mengisi cara pembayan dengan mengirim data nama, alamat dan no hp. Dari sinilah saya bisa menyimpulkan bahwa pemilik akun instagram aneh.

Namun, cerita dari korban lainnya, para korban susah melakukan transaksi, semuanya diminta untuk mengirim uang di rekening BCA dan Niaga dengan nama yang sama. Uang sudah dikirim, namun mainan anak yang diinginkan tak kunjung datang.

Adapun maksud saya membuat tulisan ini adalah untuk membuat kita lebih cermat dalam berbelanja online, berikut beberapa tips dari saya:

1. Jangan mudah tertarik oleh harga murah atau promo yang tidak masuk akal, yang dilakukan akun instagram @jersey_goidn untuk menarik perhatian korban adalah dengan memasang harga murah dan promo seperti beli 2 gratis 1.

2. Jangan mau untuk melakukan pembayaran denfan menyetorkan DP, skalipun
pembayaran via transfer bank masih lebih aman dan dapat dipercaya mohon tetap berhati-hati.

3. Jangan terburu-buru ketika berbelanja online, penipu biasanya meminta anda untuk segera melakukan pembayaran secara halus dengan berbagai alasan. toko online yang jujur biasanya cenderung santai dan tidak memaksa, karena yakin bahwa rezeki sudah ada yang mengatur.

Yuk, lebih bijak lagi dalam berbelanja di dunia maya, karena penipu sudah selangkah lebih canggih daripada kita.

Related posts

Leave a Reply