5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Nasi Pecel, Kuliner Khas Jawa Timur

waktu baca 3 menit
Jumat, 3 Jun 2022 21:00 0 22 Netizen Indonesia

Sudahkah kalian mencoba makanan Nasi Pecel? Ya, makanan berbumbu kacang, kuliner khas Jawa Timur, ini harus kalian coba. Apalagi jika kalian sedang berkunjung di salah satu kota di Jawa Timur.

Nasi pecel adalah hidangan nasi putih dengan lalapan sayur mentah berupa kecambah, kacang panjang yang dipotong, serta sayur, biasanya bayam atau sawi hijau.

Nasi dan lalapan tersebut kemudian disiram sambal kacang pedas, kemudian ditambah lauk pauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur goreng, atau ayam goreng.

Berikut 5 alasan kenapa kamu harus mencoba nasi pecel, kuliner khas Jawa Timur:

  1. Kuliner legendaris

Tahukah kalian? Pecel diprediksi sudah ada sejak abad ke-9. Bahkan pecel juga tercatat dalam kitab Jawa populer, yakni serat centhini. Serat tersebut ditulis pada tahun 1800 dan kini menjadi koleksi Badan Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.

Nasi pecel amat legendaris karena pada zaman dahulu disajikan sebagai menu jamuan bagi para rombongan kerajaan.

Tentu kuliner satu ini sangat istimewa, mengingat eksistensinya masih kuat hingga era modern kini.

  1. Gizi lengkap

Dalam sepiring nasi pecel, kalian akan mendapatkan gizi yang lengkap. Mulai dari nasi sebagai karbohidrat, sayur untuk vitamin, lauk untuk protein, dan sambal sebagai lemak nabati karena berasal dari kacang-kacangan.

Makanan ini sangat cocok untuk kalian yang sedang diet atau vegetarian. Sebab, kalian dapat menghindari lauk yang berlebihan di sini karena sayur yang disiram sambal terasa sangat lezat.

  1. Harga terjangkau

Salah satu alasan kuat kalian harus mencoba nasi pecel adalah harganya yang terjangkau.

Nasi pecel selalu ada di semua daerah di Jawa Timur. Dari pagi hingga petang, kalian akan dapat menemukannya secara mudah.

Harganya pun bermacam-macam, bahkan mayoritas tidak sampai Rp10.000. Ada pula yang menjualnya dengan harga Rp3.000-Rp5.000.

Murah sekali kan?

Dengan harga yang sangat terjangkau kalian dapat menikmati sajian lengkap bergizi yang mengenyangkan.

Apalagi jika kalian sedang berlibur di Jawa Timur dan memilih untuk menghemat pengeluaran, makanan ini cocok untuk kalian.

  1. Sambal kacang yang bikin nagih

Sambal kacang pecel berbeda dengan sambal kacang lain, misalnya gado-gado, ketoprak, atau karedok.

Sambal pecel tidak terlalu encer dan cenderung lebih pedas. dibuat menggunakan berkilo-kilo kacang tanah dengan cabai rawit yang di giling di hari yang sama dengan penyajiannya. Tentu dapat dipastikan bagaimana segarnya kacang tersebut.

  1. Menu makan yang praktis

Nasi pecel disajikan dengan cepat karena tidak menggunakan metode masak yang muluk-muluk. Apabila kalian ingin menyajikannya sendiri di rumah, kalian cukup membeli sambal pecel yang biasa dijual kiloan oleh pedagang nasi pecel.

Kalian hanya tinggal memasak nasi, merebus sayuran, dan menggoreng lauk seperti tempe atau tahu goreng. Apabila kalian senang dengan kriuk-kriuk, kalian bisa menambahkan kerupuk atau rempeyek yang biasa disajikan bersama dengan nasi pecel.

Nasi pecel sangat praktis dan cocok untuk sarapan pagi karena tidak membutuhkan waktu lama dalam memasak dan menyajikannya.

Jika kalian berkunjung ke Jawa Timur, beberapa nasi pecel legendaris yang kalian coba adalah nasi pecel Madiun dan nasi pecel Kediri. Keduanya cukup berbeda, apalagi nasi pecel Kediri terkenal dengan bumbu tumpang atau olahan dari tempe yang sudah basi yang biasa dikenal di Jawa sebagai tempe bosok.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *