x

5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Kulit Kering

waktu baca 4 menit
Kamis, 10 Nov 2022 16:25 0 79 Netizen Indonesia

Sebagian besar jenis kulit orang yang tinggal di daerah tropis adalah kering. Namun selain karena lingkungan, dan cuaca, kulit kering juga bisa terjadi karena faktor genetik, atau mandi terlalu sering. Dan hal ini bisa terjadi pada bagian kulit manapun. Memiliki kulit yang kering tentu tidak menyenangkan karena selain terlihat kusam. Kulit kering yang terjadi pada tangan dan kaki akan terlihat seperti bersisik dan kasar, selain itu kulit kering yang terjadi pada wajah juga akan menjadikan riasan atau make up tidak bisa teraplikasikan dengan sempurna.

Saat ini jhuga sudah banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan pilihan terbaik untuk perawatan kulit kering. Akan tetapi apakah semuanya terbuat dari bahan-bahan yang aman? Mencoba beberapa macam produk perawatan karena tidak cocok dalam waktu yang bersamaan sangat tidak dianjurkan. Karena kulit merupakan salah satu bagian yang sensitif. Ketika kamu tidak cocok menggunakan satu krim dan langsung berpindah ke produk krim lainnya maka kulit akan mudah mengalami iritasi.

Untuk itu saat merasakan ada perubahan yang membuat tidak nyaman pada kulit, maka segera hentikan melakukan perawatan untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk menetralkan kulit kamu dari berbagai bahan kimia yang sudah terserap. Selanjutnya berhati-hatilah saat memilih produk perawatan dan pastikan mengetahui apa saja bahan dan dan keguinaan serta resiko efek sampingnya. Bila memang Anda mulai ragu menggunakan krim-krim yang dijual di pasaran, maka sebaiknya beralih menggunakan perawatan alami yang sudah pasti jauh lebih aman.

Berikut adalah 5 cara mengatasi masalah kulit kering yang bisa dengan mudah kamu coba:

1. Melembabkan dari luar
Salah satu cara yang bisa dialkukan adalah pastikan kulit selalu terhidrasi dengan baik. Kebutuhan kelembaban kulit mering memang terlihat sepele. Akan tetapi sangat penting untuk tahu bagaimana cara melembabkannya. Memberikan pelembab secara tebal seminggu sekali sama sekali memberikan dampak yang signifikan. Sebaliknya kamu harus melakukannya secara rutin dan konsisten. Caranya, letakkan pelembab wajah di samping tempat tidur yang mudah kamu jangkau, sehingga menjelang tidur kamu tidak akan lupa untuk mengaplikasikannya ke wajah.Bila mendapati kulit kering terjadi pada bagian tangan maka selalu simpan krim tangan dekat wastafel dan tas yang dibawa bepergian. Gunakan setiap kali selesai mencuci tangan.

2. Melembabkan kulit saat sedang lembab
Salah jika berpikir bahwa kulit yang sudah terasa lembab maka tidak butuh melembabkannya lagi. Pada saat kulit masih agak basah, maka menambah pelembah justru baik karena memberikan efek kelembaban yang lebih lama pada kulit. Setelah selesai mencuci wajah lakukan pengeringan hanya dengan menepuknya dengan handuk untuk menghilangkan air yang berlebih, selanjutnya langsung oleskan pelembab wajah untuk menambah kelembababannya. Lakukan hal ini sama pada bagian kulit lainnya di tubuh kamu seperti tangan dan kaki yang langsung bisa kamu aplikasikan dengan lotion setelah menepuknya dengan handuk. Setelah itu biarkan kulit mengering secara alami sampai semua pelembab terserap dalam kulit dengan baik. Bila dirasa kulit masih terasa kering, maka tambahkan lagi pelembab setelah lapisan yang pertama terserap ke dalam kulit.

3. Mengganti produk pelembab
Mengganti produk pelembab sangat perlu dilakukan pada saat kamu merasakan adanya perubahan pada kulit, dan pada saat perubahan musim. Karena pada saat musim dingin, kulit justru cenderung menjadi lebih mudah mengering, sehingga perlu mendapatkan pelembab lebih. Pada saat musim panas, pastikan menggunakan pelembab dengan kandungan SPF minimal 30. Kandungan SPF sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik. Akan tetapi jika kamu memiliki jenis kulit kombninasi, maka bisa memberikan jenis pelembab yang lebih ringan pada bagian kulit yang biasanya memiliki kandungan minyak berlebih (misal pada zona T) dan mengaplikasikan pelembab yang lebih berat kandungannya pada bagian kulit yang snagat kering.

4. Menggunakan jenis pembersih yang tepat
Berhati-hatilah saat memilih produk pembersih wajah atau badan, karena beberapa jenis pembersih justru akan menghabiskan kelembaban alami kulit, biasanya adalah yang banyak menggunakan busa. Pilihlah jenis pembersih atau krim yang memiliki kandungan susu pembersih sehingga berfungsi ganda untuk melembabkan selagi kulit dibersihkan. Mulailah untuk menghindari jenis pembersih yang mengandung wangi parfum tajam, karena bahan kimia dari parfum justru menyerap kelembaban alami kulit sehingga menjadikannya mudah kering.

5. Eksfoliasi
Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit juga bagus untuk mengatasi kulit kering. Karena sel-sel kulit yang mati akan mengelupas sehingga kulit menjadi terasa lebih lembut dan halus. Akan tetapi saat ini banyak juga scrub wajah yang jutrsu menyebabkan kulit semakin kering. Untuk itu sangat penting melakukan eksfoliasi kulit dengan produk dan teknik tepat. Bahan scrub wajah justru mengikis kelembaban alami kulih, alih-alih melembabkannya maka gunakan saja handuk tangan untuk pembersih bayi (wascloth) yang telah dibasahi air untuk memijat wajah dengan melakukan gerakan kecil-kecil secara melingkar. Hal ini bertujuan untuk mengelupas kulit secara lembut namun tetap efektif. Biasakan untuk selalu melembabkannya setelah proses pengelupasan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x