x

5 Roti India yang Layak coba, Rasanya Enak Bikin Ketagihan

waktu baca 3 menit
Rabu, 27 Apr 2022 01:50 0 61 Netizen Indonesia

Roti India salah satu kuliner khas  yang biasa komsumsi oleh masyarakat  India. Menariknya jenis makanan ini bukan hanya sebagai camilan teman minum teh saja.

Namun, pada perkembangannya berfungsi  menjadi makanan pengganti nasi sumber  karbohidrat dan kalori bagi kesehatan tubuh.

Chapati,  Appam, Naan, Poori dan Pav adalah deretan roti india terkenal  nikmat rasanya. Berikut ini roti India yang layak coba yang enak bikin ketagihan

Roti India yang Layak coba,

Chapati

Salah satu roti India memiliki bentuk dan warna mirip tortila, tetapi warna Chapati lebih coklat banding Tortila yang biasa sebagai makanan pokok masyarakat India.

Chapati terbuat dari adonan terdiri dari tepung terigu atta, garam dan air. Tepung  atta adalah gandum india, yang lebih halus bandingkan tepung gandum utuh di negara-negara Barat.

Cara membuat Chapati mudah dengan mempersiapkan bahan-bahannya yaitu: tepung atta, air hangat, garam, serta ghee. Langkah membuatnya campurkan bahan aduk adonan dan  tambahkan air secukupnya kemudian campurkan sampai rata.

Sesudah itu, letakkan adonan dalam mangkok  dan tutup rapat biarkan 25 menit. Setelah diamkan 25 menit baru kemudian adonan bentuk menjadi bola-bola.

Bola-bola tersebut selanjutnya celupkan dalam tepung dan pipihkan dengan alat penggilas membentuk bulatan tipis. Langkah berikutnya adonan digoreng sampai warna kuning kecoklatan kemudian sajikan

Naan

Salah satu roti India yang layak coba,yakni Naan. Adalah roti berbentuk pipih terbuat dari gandum. Perpaduan ayam tandoori, kari ayam, kebab dan sayuran menjadi cirikhas yang lezat.

Bahan-bahan Naan antara lain, ragi, susu,garam, bawang putih cincang dan air hangat. Langkah selanjutnya adonan panggang pada oven sekitar suhu 900 F. Kemudian bila suka diolesi mentega dan taburan wijen yang pasti menggoda selera.

Poori

Roti India berbentuk roti goreng tidak beragi dan terbuat dari tepung gandum utuh yang biasa  dengan sebutan Poori. Bahan lain yang perlu persiapkan antara lain air, garam yang olah dan uleni sedemikian rupa.

Berikutnya tutup adonan  pakai handuk 20-30 menit pada suhu kamar setelah adonan ditutup pakai plastik atau kain bersih selama 20-30  baru dibentuk adonan.

Adonan kemudian bagi menjadi 30 bagian kecil atau 25 ukuran sedang. Setelah itu, gunakan telapak tangan meratakan adonan bola dan oleskan minyak kelapa pada permukaan adonan supaya roti mengembang dengan permukaan rata.

Langkah lain dalam pembuatan Poori gunakan pula rolling pin menggulung adonan secara merata baru letakkan pada piring. Cara Poori agar tidak kering tutup adonan pakai kain baru kemudian goreng pakai minyak sampai matang

Pay

Jenis roti India yang satu ini memang menarik bentuknya mirip roti sobek. Cara makannya dengan mentega dan isian sayuran pedas yang biasa  makan sebagai sarapan pagi dan menu makan siang

Vada

Roti India yang berbentuk donat memang layak coba sebagai menu sarapan. Varian bumbu seperti jintan, cabai hijau, cabai merah, jahe berpadu dengan adonan urad daal menjadi sajian Vada yang khas.

Ada beberapa lagi jenis roti india tidak kalah rasanya sama jenis lain,  seperti Bhakri, Idii, Appam yang memiliki kelebihan dan keistimewaan masing-masing terkenal dan banyak komsumsi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x