x

Apa itu Social Media Specialist? 3 Istilah Pekerjaan Baru di Era Digital yang Perlu Kalian Tahu

waktu baca 3 menit
Sabtu, 4 Jun 2022 21:00 0 67 Netizen Indonesia

Dunia digital adalah era baru dalam berbisnis. Hal itu karena pasar yang ditangkap jauh lebih luas dibandingkan berbisnis secara offline.

Di era digital, jenis pekerjaan yang menjadi trend bukan lagi dokter, polisi, guru, ataupun pekerjaan lain yang kerap menjadi cita-cita masyarakat.

Kini terdapat jenis pekerjaan baru dengan istilah baru yang kadang membuat kita menggelengkan kepala saking sulit dipahami arti dan jenis pekerjaannya.

Sebut saja Social Media Specialist.

Ya, pekerjaan itu merupakan primadona di era digital, apalagi jika perusahaan tersebut sangat mengedepankan branding di dunia maya melalui media sosial.

Lantas, apa itu Social Media Specialist?

Social Media Specialist adalah jenis pekerjaan yang bertanggung jawab dalam merencanakan, menciptakan, dan membuat strategi yang direrapkan di berbagai platform media sosial.

Dalam hal ini biasanya Social Media Specialist bertanggung jawab atas digital marketing dan perencanaan konten yang baik.

Namun, di era digital tidak hanya Social Media Specialist yang menjadi primadona. Berikut 3 istilah pekerjaan di era digital yang perlu kalian tahu.

  1. UI/UX Designer

Saat membuka sebuah aplikasi atau website, hal yang pertama kali kita lihat adalah tampilan dari aplikasi atau website tersebut,

UI/UX Designer bertanggung jawab atas tampilan tersebut.

UI merupakan singkatan dari User Interface, sedangan UX singkatan dari User Experience. Keduanya bertugas untuk mendesain tampilan aplikasi atau website agar nyaman dilihat dan mudah digunakan oleh pengguna.

  1. Product Manager

Product manager adalah pekerjaan yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengembangan suatu produk. Meski tertulis “manager”, jabatan Product Manager tidak seperti manager yang ada di pikiran kita selama ini.

Product Manager diharuskan merancang suatu produk baru agar memiliki daya tarik tinggi. Namun, untuk mendapatkan rancangan tersebut, Product Manager diharuskan melakukan riset terlebih dahulu melalui data, survei pelanggan, bahkan mengalisis penjualan yang sudah ada sebelumnya.

Seorang Product Manager diharuskan kreatif dan memiliki banyak ide revolusioner karena produk yang diciptakan haruslah orisinal dan belum ada sebelumnya.

  1. KOL Specialist

Dalam berbisnis di media sosial, tentu suatu perusahaan haruslah memiliki seorang KOL Specialist. Meski namanya singkat, namun kepanjangan dari KOL adalah Key Opinion Leaders.

KOL Specialist adalah orang yang bertugas memanajemen suatu pihak yang disebut KOL. KOL sendiri adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap pemasaran suatu produk.

Biasanya KOL di sini adalah seorang selebriti, selebgram, influencer, atau pakar-pakar tertentu yang namanya dikenal oleh banyak orang.

Seorang KOL Specialist harus dapat menentukan pihak KOL yang tepat untuk suatu produk.

Misalkan produk skincare, seorang KOL Specialist sebaiknya mencari KOL yang memiliki kulit sehat, halus, bersih, dan berparas cantik atau tampan untuk mendukung produk tersebut. Namun tak cukup itu, orang tersebut juga harus memiliki basis massa yang kuat dalam dunia per-skincare-an.

Wah, cukup rumit ya.

 

Ternyata, lapangan pekerjaan yang ada di dunia ini sangatlah luas dan beragam. Kini anak muda tak hanya bercita-cita menjadi public servant, tapi banyak jenis pekerjaan menggiurkan yang dapat dijajaki dengan mengasah skill dan pengetahuan.

Tak perlu takut mencoba mendalami jenis pekerjaan di atas, kini terdapat banyak academy online yang menawarkan bimbingan skill digital marketing dan sebagainya agar kemampuan kita dalam bekerja di era digital semakin terupgrade.

Era baru, pekerjaan baru.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x