x

Apa Saja Fakta-fakta Programming? No 3 Sangat Mengejutkan

waktu baca 3 menit
Kamis, 10 Nov 2022 17:43 0 58 Netizen Indonesia

Fakta-fakta Programing yang menarik ternyata tidak banyak yang tahu hingga saat ini.  Bahkan tidak semua orang yang suka coding mengetahui tentang fakta-fakta tersebut.

Padahal dengan mengetahui fakta-faktanya bisa menjadi salah satu penyemangat belajar dunia programming. Kamu wajib tahu dan harus menyimak penjelasan terkait programming berikut.

Fakta-fakta Programming Adalah

Sebagai orang awam kamu pasti tidak mengetahui fakta-fakta tentang Programming, bahkan programming saja tidak mengerti. Programming merupakan sebuah proses menulis, memperbaiki, menguji serta memelihara kode-kode program dalam komputer. 

Kode ini tertulis dalam berbagai macam bahasa pemrograman bukan hanya satu saja. Kamu bisa membuat sebuah program dengan bahasa yang berbeda dari teman kamu. 

Namun sebelum membuat program, apakah kamu sudah mengetahui fakta-fakta menarik dalam dunia Programming?

Fakta-fakta Programming yang Menarik

Seorang programmer sudah seharusnya mengetahui tentang fakta-fakta Programming berikut ini. 

1. Seorang Wanita Adalah Programmer Pertama Dunia

Hingga saat ini masih banyak Programmer yang tidak mengetahui bahwa Programmer pertama dunia adalah seorang wanita. Ia bernama Ada Lovelace yang lahir pada tahun 1815. 

Pertama kali ia bekerja pada mesin analitik pada awal abad ke 12. Ada Lovelace sangat berjasa dalam cikal bakal pengembangan teknologi terutama dalam dunia Programming. 

2. 69% Programmer Belajar Secara Otodidak

Sebuah penelitian menyatakan bahwa sebanyak 69% orang yang menjadi programmer adalah mereka yang belajar secara otodidak. Beberapa orang ada yang memilih belajar dari tempat kerja, sekolah hingga secara online. 

Sedangkan 39% adalah seorang pengembang lulusan sarjana dalam bidang ilmu komputer atau bidang serupa. 

3. Programmer Termuda Dunia Berusia 6 Tahun 

No tiga ini termasuk fakta-fakta Programming yang sangat mengejutkan, dimana terdapat seorang anak berusia 6 tahun yang sudah jago coding.  Ia adalah Kautilya Katariya, seorang anak kelahiran India dan tinggal Northampton, Inggris. 

Menurut Guinness World Record pada tahun 2020, Kautilya Katariya ditetapkan sebagai seorang programmer termuda dunia. 

4. JavaScript Bahasa Pemrograman Paling Populer Tahun 2020

Hingga ini bahasa pemrograman JavaScript masih populer. Pada tahun 2020, JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dari sekian banyaknya bahasa pemrograman. 

Kemudian pada urutan ke bawah ada HTML atau CSS dan SQL. Sedangkan teknologi Python, Rubi dan Java telah bertahan dalam posisi stabil selama bertahun-tahun. 

5. Rata-rata Developer Amerika Berusia 32 Tahun

Perlu kamu tahu bahwasanya rata-rata Developer pada Negara Amerika berusia 32 tahun. Sehingga pengembangan perangkat lunak merupakan tempat permainan untuk anak muda. 

Hal ini tentu berbeda dengan sejumlah negara yang pengembang perangkat lunak pada negara lain. Maka tidak heran jika perangkat lunak Negara Amerika sangat maju karena dikembangkan langsung oleh anak mudah yang memiliki banyak inovasi baru. 

Kamu Sudah Tahu Fakta-fakta Programming Sebelumnya?

Dari kelima fakta-fakta Programming tersebut, bagaimana menurutmu? Apakah kamu baru tahu fakta tersebut atau memang sebelumnya sudah tahu akan fakta tersebut. 

Terlepas dari hal itu, yang perlu kamu ambil dari fakta tersebut yaitu dunia Programming tidak terdapat batasan umur. Buktinya Kautilya Katariya berhasil menjadi programmer termuda dunia pada usia 6 tahun. 

Serta pada negara maju Amerika memiliki rata-rata Programmer yang berusia muda sehingga dapat menghasilkan perangkat lunak yang berkembang maju. 

Bahkan kamu bisa menjadi seorang programmer dengan cara Otodidak baik belajar secara online, dari tempat kerja maupun sekolah. 

Agar bisa menjadi seorang programmer kamu tidak harus memiliki ijasah sarjana pada bidang IT. Itu semua sudah terbukti dari fakta-fakta Programming diatas. 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x