x

Apakah Backup Data itu Penting? Simak Penjelasan Berikut!

waktu baca 3 menit
Kamis, 10 Nov 2022 18:23 0 81 Netizen Indonesia

Backup data itu penting dan harus kamu lakukan demi menjaga keamanan data. Hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengerti seberapa pentingnya menyalin data. 

Lantas apa itu backup data? Serta apa akibat dari tidak melakukan salinan data? Jawabannya bisa kamu temukan melalui penjelasan berikut. 

Apa itu Backup Data? 

Masih banyak orang yang hingga saat ini belum mengerti bahwa backup data itu penting. Backup data merupakan kegiatan menyalin data yang sudah tersimpan dalam sebuah perangkat ke media penyimpanan lain diluar perangkat. 

Media tersebut dapat berupa harddisk eksternal, USB flashdisk dan penyimpanan awan atau cloud. Kerap kali orang melupakan bahkan mengabaikan backup data padahal merupakan suatu aktivitas penting dan sudah seharusnya kamu lakukan. 

File maupun data yang sebelumya sudah kamu simpan ke perangkat ponsel bisa hilang begitu saja. Apabila kamu mengalaminya bagaimana? Hal ini pasti bukan hal yang kamu inginkan. 

Tapi kamu juga tidak bisa mencegah agar file dan data tetap berada pada perangkat ponsel. Maka dari itu, kamu perlu menyalin data ke penyimpanan lain diluar perangkat. 

Alasan Mengapa Backup Data Itu Penting

Secara umum tujuan menyalin data adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti kehilangan data. Selain itu terdapat beberapa alasan lain mengapa backup data itu penting

1. Meminimalisir Resiko Kehilangan Data 

Apabila kamu telah menyalin data dari ponsel ke penyimpanan lain seperti USB flashdisk, harddisk eksternal atau cloud. Maka dapat meminimalisir resiko kehilangan data terutama data penting. 

Hal ini karena data dari perangkat sebelumnya sudah kamu backup sehingga kamu memiliki data cadangan. Kamu tidak bisa memastikan tanpa adanya salinan data, file atau data pada perangkat akan tetap terjaga dengan aman. 

2. Backup Data Mudah dan Penting 

Banyak orang yang merasa malas untuk menyalin data karena merasa bahwa hal ini cukup ribet dan sulit. Padahal kenyataannya menyalin data dapat dengan mudah kamu lakukan bahkan tanpa bantuan orang lain. 

Kamu hanya perlu menyiapkan penyimpanan lain seperti USB flashdisk atau harddisk eksternal. Namun jika tidak punya kamu bisa memanfaatkan penyimpanan awan atau cloud seperti Google Drive, Dropbox dan Microsoft OneDrive. 

3. Data Penting Merupakan Waktu Berharga

Mungkin kamu sedikit tidak paham dengan maksud dari data penting merupakan waktu berharga. Kamu pasti tahu dalam membuat sebuah data tidak semudah yang kamu bayangkan. 

Pasti membutuhkan waktu dan tenaga yang besar, apabila sudah mengeluarkan waktu dan tenaga sebanyak itu. Rasanya tidak mungkin jika kamu harus membuat ulang karena data telah hilang dan tidak terdapat salinan.  

4. Aman Dari Virus 

Tidak menutup kemungkinan jika data yang berada pada sebuah perangkat dapat terkena virus. Apalagi data penting, mengingat banyak virus yang bertujuan menghapus dan merusak data ke dalam format tertentu. 

Kamu harus menyalin data penting dengan benar untuk mengamankan dari serangan virus. Kegiatan menyalin data adalah langkah tepat untuk mengamankan data-data penting dari serangan virus berbahaya dalam perangkat. 

5. Mengatasi Peretasan 

Saat ini semakin banyak terjadi peretasan data terutama data-data penting maupun perusahaan. Apabila ini terjadi, pasti akan sangat merugikan. 

Maka dari itu perlu untuk menyalin data guna mengatasi peretasan dengan penyerangan pada server website. Data yang telah diretas dapat kamu kembalikan menyalin data. 

Itulah beberapa alasan bahwa backup data itu penting guna mencegah sesuatu yang tidak kamu inginkan. 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x