x

Cara agar Baterai HP Oppo Tidak Cepat Habis

waktu baca 3 menit
Jumat, 3 Jun 2022 14:00 0 65 Netizen Indonesia

HP Oppo menjadi pilihan dari banyak pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini dikarenakan ponsel pintar keluaran perusahaan Tiongkok itu terkenal akan tampilan bodinya yang menarik dan ukuran penyimpanannya yang besar. Akan tetapi, tidak sedikit penggunanya yang mencari-cari cara agar baterai HP Oppo tidak cepat habis.

Meski smartphone merek ini juga diperkuat dengan daya baterai yang besar, tidak jarang pemilik HP Oppo mengeluhkan betapa borosnya penggunaan baterai ponsel tersebut. Akan tetapi, Anda bisa menerapkan beberapa cara menghemat baterai HP Oppo berikut untuk memperpanjang masa hidup baterai smartphone Anda:

1. Nyalakan Power Saving Mode

Cara agar baterai HP Oppo tidak cepat habis yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya atau power saving mode. Biasanya, mode ini hanya perlu Anda nyalakan ketika baterai hampir habis. Akan tetapi, Anda juga bisa mengaktifkannya secara manual.

Pada umumnya, cara kerja mode hemat daya yakni dengan mengurangi kecerahan layar, mempersingkat waktu sebelum layar mati secara otomatis, dan menonaktifkan sinkronisasi aplikasi di latar belakang. Uniknya, power saving mode juga dapat memberikan pemandangan malam yang lebih cerah dan bersih saat Anda hendak memotret atau mengambil video.

2. Sambungkan ke Koneksi WiFi

Kemudian, alih-alih menggunakan data seluler, Anda sebaiknya menghubungkan HP Oppo Anda dengan WiFi agar baterai ponsel Anda tidak cepat habis. Di samping menghemat baterai, cara ini juga memungkinkan Anda untuk memperoleh koneksi Internet yang lebih baik.

Jika Anda khawatir soal masalah konektivitas, beberapa tipe HP Oppo dipersenjatai dengan 5G CPE berkinerja tinggi. Ponsel-ponsel tersebut dapat mengubah sinyal 5G menjadi WiFi. Alhasil, pengguna akan mempunyai akses Internet berkecepatan tinggi yang aman untuk perangkat seluler.

3. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat atau flight mode menjadi salah satu fitur yang ada pada kebanyakan model HP Oppo, seperti Oppo A5 2020 atau Reno 2. Faktanya, mode pesawat bekerja lebih dari sekadar memblokir sinyal menara seluler ketika Anda bepergian. Mode pesawat sangat berguna ketika Anda berada di lokasi tanpa layanan seluler.

Ketika berada di tempat-tempat seperti itu, smartphone Anda akan terus mencari layanan dan menggunakan lebih banyak daya. Jadi, saat Anda terjebak dalam situasi semacam ini, ada baiknya Anda mengaktifkan mode pesawat.

4. Pantau Penggunaan Aplikasi

Keempat, Anda bisa memantau berapa banyak daya yang aplikasi-aplikasi di ponsel Anda konsumsi secara manual melalui menu “Setting” atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Di setiap HP Oppo terpasang fitur untuk mengecek berapa banyak energi yang setiap aplikasi gunakan, baik itu saat berada di layar atau background.

Misalnya, HP Oppo Find X2 dirancang supaya Anda bisa mempertahankan kinerja ponsel Anda tetap optimal meski menggunakan banyak aplikasi di saat yang bersamaan.

5. Selalu Perbarui Versi Software

Tahukah Anda? Ponsel Oppo memiliki pembaruan sistem rutin. Tujuannya adalah untuk membantu mengoptimalkan kinerja smartphone Anda. Semakin stabil sistem ponsel Anda, maka semakin lama masa pakai baterai HP Oppo. Alhasil, pastikan untuk selalu memperbarui versi Android smartphone Anda.

Di samping menghemat baterai, pembaruan tersebut juga berfungsi untuk mengamankan ponsel Anda dari ancaman virus dan malware. Tidak jarang pula software update ini mengandung fitur-fitur baru yang akan menunjang pengalaman Anda saat menggunakan HP Oppo.

Itulah kelima cara agar baterai HP Oppo tidak cepat habis yang bisa Anda coba untuk menghemat baterai HP Anda. Di samping menjaga agar baterai senantiasa awet, tips di atas juga bisa meningkatkan performa ponsel Anda secara keseluruhan.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x