x

4 Cara agar Tanaman Tidak Dimakan Tikus, Dijamin Ampuh

waktu baca 3 menit
Sabtu, 4 Jun 2022 09:00 0 62 Netizen Indonesia

Jika Anda memiliki hobi berkebun, Anda barangkali khawatir soal bagaimana cara agar tanaman tidak dimakan tikus. Faktanya, hama yang satu ini bisa menjadi sumber sakit kepala, bukan cuma untuk pengebun tetapi petani dan pebisnis buah serta sayuran.

Agar kebun Anda senantiasa aman dari serangan tikus, Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini. Di samping menjaga kondisi tanaman serta keasrian kebun Anda, tips berikut juga ampuh melindungi hasil kebun Anda dari kontaminasi bakteri yang membahayakan kesehatan. Contohnya, ada leptospirosis dan salmonella.

Nah, berikut cara mengusir tikus di kebun yang layak Anda coba:

1. Pasang Jebakan Tikus

Ada beberapa jebakan tikus yang bisa Anda peroleh dengan mudah di toko. Triknya adalah dengan menempatkan perangkap-perangkap tersebut di sepanjang kebun Anda. Atau, Anda bisa membuat sendiri jebakan tikus Anda secara manual.

Pertama, pasang umpan di dalam sebuah kotak dan letakkan wadah tersebut di tengah kebun atau titik di mana tikus sering keluar masuk. Kemudian, posisikan sebuah papan yang sudah Anda lumuri dengan lem super lengket di bagian atas perangkap buatan Anda.

Pastikan untuk memeriksa jebakan tikus secara teratur dan segera buang tikus yang berhasil Anda tangkap. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan umpan beracun untuk membasmi tikus dari kebun Anda.

2. Jaga Kebersihan Kebun

Tahukah Anda? Tikus tidak tertarik pada kebun yang bersih dan tertata rapi. Ini karena lingkungan yang bebas sampah dan kotoran menawarkan lebih sedikit tempat bagi tikus untuk bersembunyi dan bersarang.

Oleh karenanya, Anda sebaiknya membersihkan dan merapikan kebun buah atau sayuran Anda secara rutin. Pastikan supaya rumput tetap pendek, terlebih lagi rumput liar yang tumbuh di dekat pagar atau deretan tumbuhan. Kemudian, jangan lupa pula untuk menata area penyimpanan yang berantakan.

3. Blokir Akses Masuk

Cara agar tanaman tidak dimakan tikus lainnya yaitu dengan menutup lubang di dinding, pintu, dan lantai di sekitar kebun Anda. Tikus lebih-lebih lagi sangat menyukai ruang di bawah geladak, karena di sana terlindung dan sulit  terjangkau. Selain itu, celah-celah di antara papan juga bisa menjadi jalan masuk yang strategis.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menutup semua lubang, bahkan yang sangat kecil seukuran uang receh sekalipun. Pagar yang kokoh juga bisa mencegah masuknya tikus. Cara ini efektif untuk menambah perlindungan ganda pada kebun atau taman Anda. Alhasil, tidak ada kesempatan bagi hama tersebut untuk menyelinap masuk.

4. Hilangkan Sumber Makanan dan Air Tikus

Tidak sedikit hewan pengerat tertarik pada makanan yang jatuh dari sangkar burung. Apabila Anda kebetulan memelihara beberapa ekor burung di kebun Anda, pindahkan ke dalam rumah selama beberapa minggu. Sementara itu, amankan juga ayam peliharaan Anda dari berkeliaran di sekitar kebun.

Jangan lupa untuk menyimpan pakan ternak di dalam wadah yang aman. Setelah panen, simpan hasil kebun di tempat yang jauh dari jangkauan tikus. Juga, ingat untuk tidak memakan tanaman yang telah digigit tikus. Jika memungkinkan, singkirkan semua sumber air dari kebun Anda, terutama keran yang menetes.

Itulah keempat cara agar tanaman tidak dimakan tikus yang sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Anda bisa menerapkannya untuk melindungi kebun beserta hasil panen Anda dari gangguan hama ini. Apabila memungkinkan, tanam juga tanaman pengusir tikus, seperti mint atau bawang.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x