x

Cara Merawat Monitor Komputer Agar Awet

waktu baca 3 menit
Kamis, 14 Apr 2022 22:45 0 54 Netizen Indonesia

Bagi anda yang memiliki PC di rumah wajib membaca postingan ini tentang cara Merawat Monitor komputer agar awet dan tidak cepat rusak. Namun sebelumnya kita akan membahas tentang terlebih dahulu apa itu monitor komputer. Monitor Merupakan jenis perangkat keras atau hardware yang berguna untuk menampilkan hasil proses dari komputer berupa teks, gambar dan video secara visual.

Jadi dapat dikatakan bahwa tanpa monitor, komputer tidak dapat operasikan oleh pengguna akhir. Jenis dan bahan pembuatan monitor saat ini sangat beragam. Ada monitor dengan tipe CRT (Chatode Ray Tube) yang sering disebut dengan monitor tabung, LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode) dan yang lebih canggih lagi ada monitor tipe Plasma.

Ada berbagai pertimbangan ketika Anda ingin memilih monitor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena masing-masing memiliki segmentasi penggunanya. Apalagi saat ini produsen monitor memproduksi barangnya dengan berbagai jenis dan harga.

Tips Merawat Monitor PC

Nah, setelah sedikit membahas tentang monitor (semoga bisa menambah pengetahuan sobat). Kali ini kita akan langsung ke inti pembahasan artikel ini yaitu bagaimana cara merawat dan merawat monitor agar tidak mudah rusak.

Pastikan Tegangan Listrik Sesuai Dan Stabil

Salah satu penyebab banyak perangkat elektronik yang sering rusak adalah karena ketidaksesuaian tegangan arus dengan perangkat monitor dan juga listrik yang sering tidak stabil. Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Anda sarankan untuk menggunakan stabilizer atau UPS untuk meminimalisir kerusakan pada perangkat monitor Anda. Selain itu, para pelaku jaringan listrik  berbagai daerah yang terkadang tidak stabil juga dapat menyebabkan perangkat monitor sering rusak

Merawat Monitor Hindari Pemadaman Listrik Mendadak Dan Monitor Langsung Mati Saat Digunakan

Seperti halnya perangkat komputer, monitor juga sangat rentan terhadap kerusakan akibat pemadaman listrik secara tiba-tiba saat Anda menyalakannya. Jika monitor komputer sering mati secara tiba-tiba akibat padamnya listrik saat Anda menggunakannya, maka akan terjadi kerusakan korsleting pada berbagai hardware di dalamnya.

Jadi, untuk menghindari hal tersebut. Anda sarankan untuk menggunakan UPS yang berfungsi sebagai catu daya cadangan. Sehingga ketika listrik PLN tiba-tiba mati, UPS akan berfungsi untuk mensuplai listrik sementara sehingga Anda dapat mematikan monitor dengan baik.

Jangan Gunakan Monitor Sepanjang Hari

Penggunaan alat elektronik memang memiliki jangka waktu tertentu. Jika Anda seorang gamer yang suka streaming berjam-jam. Tentu menggunakan monitor komputer akan menjadi kebiasaan Anda setiap hari. Namun yang namanya perangkat elektronik tentu saja masih butuh istirahat untuk menjaga hardware yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu monitor wajib anda istirahatkan. Jangan anda gunakan berjam-jam apalagi sampai suhu panas. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada layar bagian dalam. Jangan makan atau minum di dekat monitor Kenapa harus begitu? Mungkin Anda bisa makan atau minum agak jauh dari monitor agar nanti bau, panas atau uap dari makanan tidak mengenai bagian sensitif monitor.

Hindari Kontak Fisik Yang Dapat Merusak Monitor

Segala bentuk kontak fisik yang dapat merusak monitor seperti terbentur, terjatuh atau terguncang harus dihindari sebisa mungkin. Letakkan monitor pada posisi yang stabil dan tidak mengalami goncangan sehingga dapat menjaga perangkat di dalamnya tetap bekerja dengan normal.

Jauhkan Magnet Dari Layar Monitor

Ini adalah salah satu musuh utama monitor yang bisa merusak bagian dalam. Karena magnet dapat mengganggu kerja berbagai level penting di monitor, maka Anda harus menyimpan berbagai benda yang mengandung magnet di dekat monitor seperti pengeras suara.

Demikian Artikel Ini Tentang Cara Merawat Monitor Komputer Agar Awet, Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x