x

Cara Reset Layout Start Menu Pada Windows 11 Kembali ke Settingan Default

waktu baca 3 menit
Minggu, 5 Jun 2022 06:00 0 66 Netizen Indonesia

Windows 11, system operasi baru besutan microsoft ini sempat meramaikan jagat teknologi. Pasalnya untuk cara install windows 11 tidak semudah install Windows pendahulunya.

Spesifikasi yang dibutuhkan sebuah laptop untuk windows 11 juga tidaklah seperti biasanya. Harus memiliki TPM: Trusted Platform Module 2.0. Dimana laptop keluaran lama membutuhkan beberapa settingan khusus.

Hal Baru Di Windows 11

Banyak sekali hal baru yang bisa kita lihat di windows 11. Mulai dari tampilannya yang benar-benar fresh, yang katanya hampir menyerupai System Operasi buatan Apple, dan fitur-fitur baru lainnya.

Salah satunya yaitu Wallpaper windows 11. wallpaper windows 11 kini mulai menggunakan wallpaper-wallpaper abstract yang simple dengan perpaduan warna yang modern, hal ini menambah tampilan elegant dan classy banget.

Selain itu, ada satu hal yang perlu kita perhatikan pada tampilan baru windows 11 ini. Hal yang membuat kita fokus pertama kali yaitu pada menu task bar windows 11. Menu ini berada di tengah-tengah taskbar seperti docking pada MacOS.

Akan tetapi, windows masih menggunakan tombol start menu yang disematkan di tengah-tengah tampilan task bar.

Perubahan Bentuk Menu

Bentuk menu yang baru ini tentunya membuat rasa penasaran kita untuk melakukan perubahan atau kustomisasi meningkat. Apakah kita bisa dengan mudah melakukan kustomisasi pada start menu windows 11?

Ya, Tentu saja bisa. Seperti biasanya, windows selalu memberikan akses kepada user untuk dapat melakukan kustomisasi pada start menu mereka.

Kita dapat dengan bebas mengelompokkan aplikasi-aplikasi berdasarkan jenis maupun berdasarkan apa yang kita sukai.

Namanya manusia, pernah gak sih? Kalian bosan dengan tampilan yang kalian kustomisasi dan kangen dengan tampilan menu start default windows 11?

Cara Reset Start Menu Windows 11

Mungkin kita akan berpikir, “wah pasti susah nih, repot nih, butuh download ini itu nih” tenang, untuk melakukan reset start menu windows 11 tidaklah serumit itu kok. Caranya cukup gampang.

  • Langkah 1 : Kalian Buka Start Menu
  • Langkah 2 : Ketik cmd
  • Langkah 3 : Klik kanan > pilih run as Administrator.
  • Langkah 4 : Setelah terbuka, maka akan ada tampilan hitam dengan tulisan putih, jangan berpikiran bakal susah dulu ya guys!
  • Langkah 5 : Silahkan masukan perintah berikut ini (Copy Paste Saja ya) :

Get-AppxPackage Microsoft.Windows.StartMenuExperienceHost | Reset-AppxPackage

  • Langkah 6 : Lalu tekan Enter
  • Finally : Tampilan start menu windows 11 kamu menjadi settingan default seperti ketika kamu pertama install windows 11.

Di beberapa kasus, kalian akan mendapati bahwa beberapa icon mungkin akan berbentuk seperti gambar panah.

Jangan panik, atau bingung, itu disebabkan karena beberapa aplikasi bawaan mungkin sudah kalian hapus atau unistall sehingga ketika kembali ke settingan default, start menu tidak menemukan aplikasi yang terhapus, dan akan menampilkan logo panah.

Untuk kalian yang ingin melakukan download ulang aplikasi yang terhapus atau berbentuk panah, caranya cukup mudah, klik saja icon dengan logo panah, maka otomatis windows akan melakukan download pada aplikasi tersebut.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan reset tombol start menu windows 11? Kita tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi-aplikasi yang lainnya bukan?

Tetap ikuti situs kami untuk mendapatkan update artikel-artikel seputar dunia technology terbaru ya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x