x

Fakta Tentang Wisata Taman Nasional Baluran

waktu baca 3 menit
Kamis, 21 Apr 2022 22:57 0 56 Netizen Indonesia

Taman Nasional Baluran adalah salah satu destinasi kebanggaan Banyuwangi, Jawa Timur. Hamparan sabana yang indah, membuatnya sering dijuluki Africa van Java atau Little Africa, karena pemandangannya mengingatkan kita pada ciri khas Afrika.

Hal inilah yang membuat Taman Nasional Baluran populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, banyak orang mengatakan bahwa jika Anda seorang pecinta alam, Anda harus berkunjung ke sana setidaknya sekali seumur hidup. Untuk itu, sebelum menjadwalkan kunjungan ke sana, ada baiknya mengetahui fakta-fakta yang telah kami rangkum di bawah ini. Apa pun?

Taman Nasional Baluran yaitu Keanekaragaman Flora dan Fauna

Ada 44 jenis flora, 26 jenis mamalia, dan 155 jenis burung yang hidup berdampingan. Tak jarang hewan liar seperti rusa dan kera ekor panjang muncul di hadapan pengunjung secara berkelompok. Bahkan jika Anda beruntung, Anda dapat melihat banteng, kerbau, kucing bakau, macan tutul, dan burung merak.

Memiliki Savana Terluas di Pulau Jawa

Padang sabana yaitu Savana Bekol terluas di Pulau Jawa, mencapai 300 hektar. Padang sabana ini berjarak 12 kilometer dari pintu gerbang Baluran. Saat musim hujan, Bekol akan didominasi oleh warna hijau tanaman Acacia nilotica. Saat kering akan berubah warna menjadi coklat kekuningan yang menambah dramatis suasana Padang Bekol.

Taman Nasional Baluran Ada Peninggalan Jepang

Tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa sedikit berwisata sejarah . Di depan Kantor Anda bisa mampir ke Gua Jepang yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan. Gua seluas 12 meter persegi ini terbagi menjadi dua ruangan, yaitu tempat penyimpanan amunisi dan celah pengintaian musuh.

Dikelilingi oleh Empat Pantai

Di sekitar Taman, Anda bisa bersantai di pantai-pantai indah yang belum ramai pengunjung. Ada Pantai Bama, Balanan, Bilik, dan juga Sijile, namun yang paling populer ialah  Pantai Bama. Terletak hanya 4 kilometer dari Savana Bekol, Anda bisa melihat kawanan kera, hutan bakau, bahkan snorkeling di sana.

Taman Nasional Baluran Hemat di Kantong Wisatawan

Untuk menikmati keindahan wisata, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Wisatawan domestik hanya kenakan biaya Rp 15 ribu di hari biasa dan Rp 17.500 di hari libur. Sedangkan pengunjung asing dikenakan biaya Rp. 150 ribu di hari biasa dan Rp. 225.000 pada hari libur.

Gua Jepang

Tidak hanya wisata alam. Anda juga bisa menemukan wisata sejarah. Tidak jauh dari pintu masuk. terdapat sebuah gua dari Jepang. Gua ini terletak tepat di depan Kantor sana. Gua yang memiliki luas 12 meter tersebut dulunya tergunakan untuk tempat persembunyian dan juga penyimpanan amunisi.

Baluran Savana Bekol

Setelah melewati hutan Evergreen, pengunjung akan tersuguhi hamparan sabana yang sangat luas nan eksotis. Padang sabana di Baluran mendominasi lokasi ini. Hal ini membuat Savana Baluran seperti Afrika, Pulau Jawa. Di Bekol Sabana tumbuh hamparan rumput, pepohonan, dan berbagai satwa liar yang hidup bebas.

Baca juga : Cara Merawat Monitor Komputer Agar Awet

Hutan Evergreen

Di Taman Nasional Baluran, Anda bisa menikmati hijaunya Evergreen Forest. Saat Anda memasuki Taman Nasional Baluran. Anda akan tersuguhi pemandangan yang serba hijau dari hutan ini. Evergreen Forest adalah hutan yang rindang dengan rerimbunan pohon di sepanjang jalan membentuk terowongan. Di hutan ini Anda juga bisa menemukan satwa liar mulai dari ayam hutan, kijang, hingga monyet.

Demikian ulasan tentang, Fakta Tentang Wisata Taman Nasional Baluran. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x