x

Ikan Asin Dan Ikan Kering di Indonesia

waktu baca 4 menit
Kamis, 14 Apr 2022 23:08 0 27 Netizen Indonesia

Ikan asin dan ikan kering begitu populer di Indonesia dari waktu ke waktu. Ini adalah jenis makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi untuk hidangan utama. Beberapa orang juga menyukainya sebagai lauk pauk.

Rasanya yang asin cocok disantap dengan sambal cabai rawit dan nasi hangat. Sebagian besar masyarakat Indonesia gemar mengkonsumsi jenis ikan ini sejak beberapa tahun lalu. Proses pembuatannya membuat ikan ini memiliki masa kadaluwarsa yang lama sehingga sangat cocok dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Berikut beberapa jenisnya yang bisa anda ketahui.

Ikan Asin dan Ikan Kering di Indonesia

1. Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri menjadi salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia. Jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya.

Ikan tenggiri umumnya dibuat dari ikan yang mirip dengan ikan tuna, tenggiri, atau boneeto. Kebanyakan dari mereka memiliki irisan daging yang lebih tebal, sehingga sangat cocok untuk membuat ikan tenggiri asin dan kering.

Ikan Tenggiri yang diasinkan dan dikeringkan biasanya dimasak sebagai tumis atau digoreng dan dikonsumsi dengan sambal pedas cabai lokal Indonesia. Di Sumatera Selatan, jenis ini biasa dibuat sebagai bahan campuran pada pempek.

2. Ikan Teri

Ikan teri asin kering merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia. Ikan ini berasal dari ikan kecil kecil dari laut yang diasinkan dan dikeringkan dengan benar oleh beberapa nelayan.

Ikan teri asin dan kering biasanya dibuat untuk bahan kombinasi pada beberapa hidangan utama di Indonesia. Anda bisa menemukannya di Nasi Goreng Teri, tumis kacang asin dan ikan teri kering, Sambal Teri juicy, Peyek Teri, dan masih banyak lagi.

3. Ikan Jambal

Ikan Jambal Asin Kering atau yang lebih dikenal dengan Jambal Roti Ikan menjadi salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia. Itu berasal dari jenis ikan Manyung yang biasa tumbuh di sekitar laut Indonesia.

Ikan jambal  hadir dengan irisan daging yang lebih tebal dan tekstur juicy di dalamnya. Rasanya yang sedikit asin dengan tekstur yang renyah di luar menjadi salah satu ciri khas masakan Indonesia. Anda dapat menemukannya di beberapa restoran Sunda di Jawa Barat atau beberapa kota populer di Indonesia.

4. Ikan Pindang

Ikan pindang asin kering menjadi salah satu jenis ikan ang paling populer di Indonesia. Beberapa orang biasa mengenalnya sebagai ikan Keranjang yang kebanyakan dijual dalam ember bambu kecil.

Ikan pindang  biasanya dikonsumsi dengan nasi hangat sebagai makanan pokok Indonesia yang paling populer dan cabai Indonesia yang berair.

Kebanyakan dari mereka juga suka menggorengnya lalu dipadukan dengan cabai rawit hijau atau merah besar.

5. Ikan Tongkol

Ikan tongkol asin kering menjadi salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia.

Berasal dari ikan tongkol yang bentuknya mirip dengan ikan tuna dan ikan cakalang. Sebagian besar dari mereka hidup di beberapa perairan laut Indonesia yang menjadi salah satu ikan paling populer bagi para nelayan.

Ikan tongkol asin dan kering umumnya menjadi begitu banyak hidangan utama Indonesia yang terkenal. Sangat cocok untuk menggoreng jenis masak dan dikonsumsi dengan beberapa Dabu Dabu Sambal cabai lokal Indonesia.

6. Ikan Bulu Ayam 

Ikan ini berasal dari ikan kecil kecil dari air laut Indonesia yang memiliki ukuran tipis seperti bulu. Ini menjadi jenis ikan asin dan kering terkecil di Indonesia.

Bulu Ayam asin dan kering ini sangat garing saat digoreng sehingga sangat cocok untuk disantap dengan kuah khas Indonesia dan nasi hangat. Beberapa orang biasanya memasak ikan dengan Sambal Balado yang berair dari cabai merah Indonesia atau kacang goreng.

7. Ikan Peda

Ikan ini berasal dari jenis ikan tenggiri sehingga memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan dengan ikan asin dan kering lainnya di Indonesia. Ikan Peda cukup mudah ditemukan di sebagian besar pasar Indonesia.

Kebanyakan orang mengaku sangat mudah memasaknya sehingga jenis ikan asin kering ini menjadi lauk favorit orang Indonesia di sebagian besar wilayah Indonesia.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x