x

Jajanan Pasar yang Masih Minati Masyarakat Sampai Kini dan Perlu coba

waktu baca 3 menit
Rabu, 27 Apr 2022 01:51 0 65 Netizen Indonesia

Kue basah adalah jenis makanan ringan yang biasanya bertestur lembut,empuk dan tidak tahan lama. Selain itu, bahan-bahannya terdiri dari tepung terigu dan tepung beras.

Kemudian, menariknya kue basah ini dalam pengolahannya lakukan dengan cara dikukus. Meski terbuat dari bahan dan pengolahanya tradisional hingga sekarang masyarakat masih memburunya sebagai camilan.

Banyak masyarakat yang memburu kue tradisional yang enak ini dengan alasan rasanya lezat, enak serta harganya murah. Saat ini ada banyak sederet jajanan pasar yang masih banyak jumpai pada pasar tradisional.

Apem, nagasari, bolu kukus, bila ambon, klepon,onde-onde adalah deretan jenis kue tradisional yang sekarang masih diminati masyarakat.

Umumnya aneka kue nan lezat ini sajikan dalam berbagai acara, seperti arisan, hingga syukuran. Berikut ini kue basah jajanan pasar masyarakat masih minati  penting ketahui:

Kue Basah, Jajanan Pasar yang Masih minati  dan Perlu coba.

Apem

Kue basah jajanan pasar yang masih minati, yaitu apem Terbuat dari campuran telur,santan, gula, tape dan sedikit garam. Kemudian semua bahan campur rata menjadi adonan. Selanjutnya adonan bakar atau kukus sedemikian rupa hingga matang dan siap disajikan.

Bika Ambon

Jajanan pasar asal Medan yang buat di Jalan Ambon, maka kemudian kenal dengan nama bika Ambon. Rasanya gurih, manis terbuat dari bahan-bahan mulai tepung tapioka, gula serta susu.

Selanjutnya bahan lain seperti telur dan santan juga perlu tambahkan. Semua bahan campur rata menjadi adonan baru kemudian kukus sampai matang. diolah sedemikian rupa menjadi bika Ambon yang lezat.

Bolu kukus dan Dadar Gulung

Jajanan pasar yang buru sebagian masyarakat indonesia saat ini, yaitu bolu kukus. Kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, susu, soda, dan perisa tambahan seperti vanila atau cokelat memang rasanya menggoda selera.

Bentuk bolu kukus yang khas mirip cupcake yang merekah bertestur lembut menjadikan kue basah ini jadi primadona masyarakat sampai sekarang.

Dadar gulung juga tidak kalah enaknya dari jajaran jajanan pasar lainnya. Tebuat dari kulit tipis berbahan tepung dengan warna hijau yang diberi pewarna daun suji.

Kemudian isi parutan kelapa bercampur gula jawa dibentuk sedemikian rupa membentuk kue dadar gulung. Penamaan kue dadar gulung duga karena terbuat dari adonan tepung yang  dadar di atas panci dan gulung adonannya hingga sering sebut dengan dadar gulung.

Lemper

Kue basah yang satu ini sering temukan berbagai acara syukuran dan lainnya. Berbahan dasar beras ketan yang masak dengan santan dan selanjutnya ketan bungkus pakai daun pisang,

Sebelum ketan bungkus menggunakan daun pisang terlebih dahulu lemper isi abon atau cincangan daging ayam. Baru setelah itu bungkus pakai daun pisang sedemikian rupa dan kukus sampai matang.

Nagasari

Nagasari salah satu jajanan pasar berbahan dasar tepung beras dan santan olah menjadi adonan kental. Sesudah adonan telah buat kemudian bungkus dengan daun pisang.

Sebelum bungkus terlebih dahulu isi pisang baru kemudian kukus sampai matang. Rasa manis dan gurih perpaduan tepung beras dan santan membuatnya enak dan gurih.

Wajik

Jajanan pasar asal Magelang, Jawa Tengah ini memiliki rasanya gurih dan manis. Berbahan dasar beras ketan, santan dan gula merah kemudian masak menjadi wajik ketan.

Teman minum teh adalah salah satu cara menikmati wajik ketan di kala waktu sore atau pagi hari. Jajanan pasar yang masih masyarakat nikmati saat ini beragam jumlahnya dengan variasi rasa dan bentuk yang khas.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x