Jepara Kota Terkenal Kerajinan Kayu Teknik Ukir Relief dan Mempunyai Tempat Wisata yang Menyenangkan

waktu baca 6 menit
Selasa, 8 Nov 2022 17:40 0 96 sekar83

Jepara adalah kota yang terletak di kabupaten Jepara propinsi Jawa tengah tebagi 16 kecamatan 11 kelurahan 183 desa dengan jumlah penduduk 1.209.562 jiwa ditahun 2022 ini.

Jepara memiliki nama asal yaitu bernama Ujung Para yang memiliki arti Ujung yaitu bagian menjorok ke laut dan Para yaitu menunjukan arah, dengan kata lain Ujung Para yaitu suatu daerah yang berada menjorok arah laut.

Kata Para yaitu Pepara yang artinya Bebakulan Mrono Mrene (berdagang kesana kesini) berarti sebuah tempat bermukin berada di ujung sebagai sentra berdagang dari berbagai daerah. Kabupaten Jepara memiliki julukan sebagai kota Bumi Kartini atau sebagai kota sentra ukir Jepara.

Jepara terkenal dengan kerajian kayu teknik ukir yang unik diminati oleh masyarakat seluruh Indonesia banyak pengunjung baik lokal maupun internasional rela berbondong bondong ke jepara serta merogoh kocek lebih banyak hanya untuk memboyong kerajinan ukiran kayu khas kota ini.

Berikut ini kerajinan yang banyak digemari diminati masyarakat Indonesia khususnya para turis asing

1.kerjian ukiran Jepara

Kerajinan Ukiran Jepara merupakan suatu seni karya hasil para masyarakat Jepara dengan keahlian dimiliki yang sangat istimewa menjadikan Jepara mendapatkan julukan sebagai “Teh World Carving Center” yang sangat terkenal di seluruh dunia terutama negara Amerika Serikat sebagai tujuan eksport terbesar pada tahun 2015.

A. Sentra ukir patung

Yang berada di Desa Mulyoharjo yang menjadi sentra kerajinan ukiran patung.yang pernah juga dikunjungi oleh bpk Susilo Bambang Yudhoyono mantan presiden ke 6

B. Sentra ukir relief

Yang berada di Desa Senenan yang berbahan dasar kayu petak persegi atau kayu kotak yang di ukir dengan karya tangan kreatif masyarakat Jepara yang menjadi suatu karya membentuk berbagai macam relief seperti pemandangan alam, hutan, hewan ternak dan lain sebagainya.

C. Sentra ukir gebyok

Berada di Desa Blimbingrejo, ukiran gebyok merupakan karya yang istimewa karenan posisi gebyok biasanya berada pada pintu depan rumah yang menjadi hiasan ukiran yang bagus dengan ukiran dan warnya yang indah menjadikan rumah yang dimiliki semakin ekstotis.

D.Sentra ukir bambu, Sentra ukir lemari, Sentra ukir genteng dan berbagai macam Seni ukir yang dimiliki Jepara yang sangat eksotis dan patut menjadi sentra seni yang luar biasa.

2. Kerajinan ikat tenun Troso

Kerajinan ikat tenun Troso merupakan warisan budaya leluhur sejak tahun 1935 yang diwariskan dari generasi ke generasi berasal dari desa Troso, kecamatan pecangan, Jepara.

Tenun ikat troso berasal dari benang pakan yang diberikan pewarna alami lalu diikat membentuk sesuai dengan motif yang disukai.

3. Kerajinan monel kriyan

Kerajinan Monel Kriyan berada di Desa kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Pada awal perintisan monel tersebut dibuat dari bahan baja putih yang diolah menjadi suatu karya yaitu monel yang berada pada sekitar tahun 1950an. Aksesoris alternatif selain emas yang dapat digunakan oleh kalangan masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau. Dan yang terakhir adalah….

4.Kerajian Batik Jepara

Kerajinan Batik Jepara merupakan salah satu karya yang dimiliki oleh masyarakat Jepara dengan antusias membuat motif ukiran batik yang dituangkan dalam kain batik khas Jepara karena Jepara merupakan penghasil karya seni ukir pahatan berbahan dasar kayu dengan motif ukiran dan membuat kembali motif ukiran dengan berbahan dasar kain bermotif ukiran khas Jepara.

Tak hanya itu kota Jepara terkenal dengan surga yang tersembunyi dikawasan Propinsi Jawa tengah bagi para pencinta keindah alam Karimunjawa salah satu yang tak luput dari tempat favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

berikut Juga Beberapa tempat favorit karena keindahan alam nya dan tidak membosankan.

1.Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten terdiri dari tebing tegak dengan kucuran air cenderung tenang. Air terjun setinggi 50 meter ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 40 menit dari pusat kota Jepara.

Untuk menuju ke sana, kamu perlu trekking sekitar 500 meter dengan medan yang lumayan terjal. Tetapi begitu sampai di sana, gemericik air dan juga pepohonan yang asri bakal langsung menyambutmu.dengan suasana yang tenang, belum banyak terjamah wisatawan.

Lokasi: Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

2.Pantai Benteng Portugis

Di pinggir pantai ini berdiri Benteng Portugis yang sudah ada sejak 1923 dan menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Selain ramai dikunjungi karena tampak gagah, banyak orang yang datang untuk berenang di pantai.

Tepian pantainya tak berupa pasir, melainkan batuan dan tebing. Karena itu, banyak yang memanfaatkannya untuk memancing. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai.

Lokasi: Jalan Benteng Portugis – Tayu KM 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

3. Pulau panjang

Pulau seluas 19 hektare ini dikelilingi perairan dangkal yang sangat jernih dan dipenuhi terumbu karang. Keindahan yang ditawarkan pulau ini tak kalah dengan Karimunjawa, udara bersih serta lingkungannya yang asri jadi daya tarik utamanya.

Lokasi: ujungbatu, Jepara,Jawa tengah

4. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi juga populer disebut sebagai Pantai Lemah Abang yang berarti “pantai tanah merah”. Dinamai demikian karena memang pantai ini dipenuhi gundukan hingga bukit dengan tanah berwarna merah yang sekilas bentuknya mirip punuk sapi.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, tapi gak kalah cantik dibanding pantai-pantai berpasir putih. Terdapat hammock dan ayunan yang bisa kamu gunakan untuk bersantai, sekaligus berfoto dari atas ketinggian.

Lokasi: Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

5. Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni atau Sreni Indah berada di kaki Gunung Muria dan merupakan hutan pinus dengan hawa sejuk. Meski termasuk hutan lindung, kawasan Hutan Wisata Sreni juga dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Terdapat instalasi unik untuk berfoto dan gardu pandang di atas pohon pinus yang bisa kamu nikmati. Selain itu, area seluas 110 hektare yang dikelola Perhutani itu juga kerap menjadi tempat berkemah yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Bategede Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah

6. Gua Tritip

Zaman dahulu, Gua Tritip merupakan tempat pertapaan seorang tokoh bernama Mbah Joyo Kusumo. Warga setempat menganggap tempat tersebut sebagai petilasannya. Di sekitar gua batu terdapat perahu kayu yang konon menjadi tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo.

Meski demikian, kini Gua Tritip jauh dari kata seram, karena sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata. Kamu bahkan bisa bersantai di gazebo atau gardu pandang yang dibangun di sana.

Lokasi: Desa Uluwatu, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah.

Pantai Pungkruk punya kemiripan dengan Pantai Jimbaran, Bali. Gak cuma menarik karena lautnya, kawasan ini merupakan tempat wisata kuliner terbesar di Jepara.

Banyak rumah makan bergaya gazebo dan rumah apung berdiri di atas pantai berkarang ini. Menu yang disajikan pun beragam, seperti aneka olahan ikan laut hingga makanan khas Jepara.

Lokasi: Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

8. Bukit Bejagan.

kawasan wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jepara adalah Desa Wisata Tempur. Desa ini punya hamparan sawah yang indah dengan latar gagahnya pegunungan.

Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung adalah Bukit Bejagan.

Lokasi: Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

kawasan wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jepara adalah Desa Wisata Tempur. Desa ini punya hamparan sawah yang indah dengan latar gagahnya pegunungan.

Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung adalah Bukit Bejagan.

Lokasi: Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Setataah

Air Terjun Setatah memang tidak terlalu tinggi, tapi punya karakteristik lebar dan bertingkat. Lingkungannya masih sangat asri dengan dikelilingi pepohonan serta area persawahan.

Selain Air Terjun Setatah, kamu bisa menemukan banyak air terjun lainnya yang masih berada dalam area Batealit, seperti Kedung Cengger, Dong Paso, Kedung Bobot, dan sebagainya.

Lokasi: Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Nah, bukan hanya kerajinan kerajinan ukiran saja tapi keindahan alam serta suasana yang menyejukkan membuat anda ingin kembali mengunjungi kota ini.

Selamat menikmati suasana kota Jepara.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *