x

Ketahui Tipe Overthinking Beserta Cara Mengatasinya

waktu baca 3 menit
Kamis, 10 Nov 2022 18:52 0 60 Netizen Indonesia

Pada umumnya, Overthinking bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja. Namun tidak semua overthinking itu sama, terdapat berbagai tipe overthinking beserta cara mengatasi yang berbeda pula.  

Overthinking adalah kondisi dimana seseorang seringkali memikirkan sesuatu secara berlebihan. Hal ini biasanya terpicu dengan rasa cemas atau merasa kurang percaya diri.  

Overthinking Adalah Hal yang Melelahkan

Bagi kamu yang sering overthinking pasti merasa bahwa hal ini adalah sesuatu yang sangat melelahkan. Bahkan pemikiran yang berlebih atau overthinking dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.  

Beberapa penelitian menyatakan bahwa beberapa tipe overthinking dapat membuat seseorang rentan mengalami kecemasan dan depresi. Overthinking juga dapat membuat kemampuan dalam memecahkan suatu masalah berkurang. 

Tipe Overthinking dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar dampak negatif dari semua tipe overthinking adalah gangguan pada mental. Contohnya kamu akan mudah merasa cemas hingga mengalami depresi akibat dari overthinking yang berlebih. 

Berikut ini beberapa cara mengatasi overthinking berdasarkan tipenya yang harus kamu ketahui. 

1. Merenung Hingga Tenggelam Dalam Masalalu

Tidak jarang sebagian orang yang mengalami overthinking bermula dari merenungi segala kesalahan pada masa lalu secara terus-menerus. Biasanya kamu akan sering menyesali keputusan yang telah kamu ambil, seperti mengapa tidak mengambil keputusan A pada masa lalu. 

Cara mengatasi overthinking ini, kamu harus merubah mindset ke arah yang lebih baik. Seperti melakukan suatu kesalahan adalah hal yang wajar bagi manusia.  

Kemudian mencoba untuk menerima dan memanfaatkan diri sendiri atas semua yang telah terjadi lalu mencoba untuk bangkit kembali. 

2. Berpikir Buruk Secara Berkepanjangan

Ketika kamu memikirkan sesuatu hal negatif dan kamu pikiran secara berkepanjangan dapat menjadi salah satu penyebab overthinking. Pada akhirnya kamu akan terus dihantui oleh kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan. 

Sebagai cara untuk mengatasinya, kamu harus mengubah pikiran negatif menjadi pikiran yang positif. Kamu harus tahu bahwa pikiran hanyalah sebuah pikiran yang bisa muncul lalu pergi kapan saja. 

3. Muncul Keraguan Dalam Mengambil Keputusan

Overthinking selanjutnya adalah munculnya keraguan ketika kamu akan mengambil suatu keputusan. Keraguan memang wajar saja terjadi karena kamu pasti tidak ingin menyesal di masa depan. 

Namun yang jadi permasalahan adalah ketika kamu terlalu berlarut-larut dalam keraguan tersebut. Jangan hanya memikirkan saja tanpa mengambil suatu keputusan yang nantinya hanya akan membuat stress. 

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara membuat tabel kelebihan dan kekurangan sebelum mengambil keputusan. Kemudian bandingkan antara pilihan yang satu dengan pilihan yang lain. 

4. Membaca Pikiran Orang Lain 

Overthinking yang satu ini dimana kamu suka menebak-nebak apa yang orang lain pikirkan. Hal ini tentu saja akan membuat kamu menerka-nerka serta berasumsi yang belum benar adanya.  

Cara mengatasinya, kamu harus mencoba untuk bersikap secara nyata. Kamu harus ingat bahwa kamu bukanlah seorang paranormal atau bahkan seorang pesulap. 

Sehingga daripada menerka-nerka yang berujung overthinking, sebaiknya langsung bertanya. 

5. Khawatir Akan Masa Depan 

Mengkhawatirkan masa depan adalah suatu hal yang wajar. Namun yang tidak wajar jika kamu terlalu khawatir akan masa depan hingga memikirkan skenario yang buruk. 

Solusi untuk permasalahan ini, kamu perlu membuat suatu perencanaan yang jelas dan matang akan tujuan kamu pada masa depan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk fokus melakukan hal-hal demi tujuan tersebut pada masa sekarang. 

Dari kelima tipe overthinking diatas, mana yang pernah bahkan sering kamu alami? Kamu bisa mencoba menerapkan cara-cara mengatasi sesuai dengan tipe.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x