x

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

waktu baca 3 menit
Jumat, 13 Mei 2022 15:51 0 49 Netizen Indonesia

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Ampuh dan Berkhasiat Obati Berbagai Penyakit. Daun binahong salah satu obat herbal yang sering digunakan mengobati berbagai penyakit seperti luka, diabetes hingga masalah kecantikan. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam memberi efek baik untuk kesehatan.

Alkoloid, polifenol, flavonoid hingga antioksidan dan betakarotein adalah beberapa senyawa aktif terdapat pada binahong.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Ambein

Salah satu manfaat binahong,adalah mengatasi ambein dan kandungan yang terkandung di dalamnya mempunyai kemampuan mengobati ambein. Caranya mudah rebus daun binahong terus minum air rebusannya secara rutin supaya mendapat hasil maksimal.

Tingkatkan Tekanan Darah

Manfaat daun  binahong untuk kesehatan, yakni  mampu meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah rendah atau anemia, maka perlu minum rebusan air dari daun ini tingkat tekanan darah menjadi stabil.

Obat Luka Bakar

Manfaat daun binahong untuk kesehatan  dapat mengobati luka bakar, Zat saponin yang terdapat dalam tanaman ini bisa sebagai antiseptik bermanfaat menyembuhkan luka dan mencegah infeksi bakteri.

Bukan hanya sebagai antiseptik, tetapi juga mengurangi peradangan, karena flavonoid yang ada dalam binahong. Kemudian juga mengecilkan pori-pori kulit luka adanya tanin di dalamnya.

Obat Asam Urat

Khasiat daun binahong sebagai obat asam urat, alasannya favonoid mampu menghambat pembentukan asam urat. Kemudian dalam air rebusan daun ini juga bisa menurunkan purin penyebab asam urat.

Cegah Risiko Diabetes

Kelebihan kadar gula dalam darah bisa sebabkan komplikasi, maka penting pengobatan dengan komsumsi rebusan daun umtuk turunkan kadar gula dalam darah.

Zat steroid, flavonoid dapat mempunyai khasiat menghambat penyerapan gula pada usus kemudian mampu tingkatkan produksi insulin.

Obati Anemia

Manfaat  daun binahong untuk kesehatan, adalah mengobati anemia. Kandungan zat besi mampu memberi pengaruh pada darah sehingga secara perlahan produksi sel darah merah mengalami peningkatan pada tubuh dan pastinya bisa jadikan alternalif obat anemia.

Sembuhkan Diare

Cara aman mengatasi diare dengan merebus daun binahong kemudian minum air rebusan secara teratur. Binahong memberi pengaruh pada feses dan cairan tubuh tubuh cepat pulih kembali

Kemudian hal menarik dari binahong kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh, antara lain flavonoid, minyak atsiri, saponin hingga alkaloid.

Oleh karena itu, alternatif pilihan terbaik mengatasi diare minum rebusan daun binahong yang mampu menyembuhkan diare yang berasal dari bakteri.

Obat Jerawat

Kegunaan daun binahong mampu obati jerawat. Nutrisi zat flavonoid maupun antioksidan berperan sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga masalah kulit dapat teratasi dan mulus seperti sediakala.

Cara mengobati cukup mudah tumbuk 4-5 lembar daun binahong sampai halus. Selanjutnya oleskan daun binahong yang telah haluskan pada kulit berjerawat biarkan sampai kering bilas pakai air sampai bersih.

Selain dengan cara menumbuk bisa dengan merebusnya kemudian rebusan airnya dapat gunakan untuk cuci muka.

Efek Samping Komsumsi Daun Binahong

Meski daun binahong mempunyai manfaat untuk kesehatan, tetapi bukan berarti minum dalam jumlah banyak,, karena memiliki efek negatif .

Ada beberapa efek samping bila komsumsi terlalu banyak, antara lain
sakit perut, mual, muntah-muntah, alergi, jantung berdebar hingga terasa pusing.

Jika mempunyai riwayat alergi pada daun binahong stop pemakaian dan segera hubungi dokter bila efek tak kunjung hilang.

Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh dengan efek samping yang bisa terjadi yang bisa memberi inspirasi dan alternatif dalam menjaga badan tetap bugar dan sehat secara alami

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x