Manfaat Kapur Barus Jarang Ketahui

waktu baca 3 menit
Minggu, 5 Jun 2022 14:33 0 24 Netizen Indonesia

Kapur Barus merupakan zat padat berupa lilin berwarna putih agak transparan dengan aroma yang khas. Biasanya diletakkan dalam lemari atau kamar mandi sebagai pengharum.

Selain itu, juga sering manfaatkan pengusir kecoak, mencegah jamur pada ruang lembab. Tidak hanya itu, ternyata ada kegunaan lain dari kapur barus yang jarang di ketahui sebagian orang dan dapat dimanfatkan hal-hal tak terduga

Manfaat Kapur Barus

Atasi Bau Tidak Sedap Sepatu

Sering pakai sepatu terlalu lama biasanya meninggalkan bau tidak sedap. Hal ni terjadi akibat adanya kelembapan berlebih.

Solusi terbaik mengatasinya dengan letakkan kapur barus dalam sepatu selama 10-15 menit,maka bau tak sedap pada sepatu dipastikan terserap sehingga dalam waktu singkat sepatu jadi wangi lagi.

Singkirkan Kutu Kasur

Manfaat kapur barus jarang ketahui yang lain, adalah menyingkirkan kutu kasur. Kutu kasur yang biasa dapat jumpai pada kasur dapat ganggu kenyamanan tidur yang terkadang keberadaannya sulit deteksi secara kasat mata.

Solusi terbaik menghilangkan kutu kasur menggunakan kapur barus. Caranya mudah campurkan kapur barus yang telah haluskan dengan sedikit minyak tanah.

Kemudian aduk sampai rata baru sesudah itu oleskan pada sela-sela kasur, ranjang atau sudut-sudut kasur yang kemungkinan bisa menjadi sarang kutu kasur.

Kapur barus yang sudah campurkan dengan minyak tanah memberi efek pada kutu pada kasur. Bau khas campuran kedua bahan ini mampu mengusir bahkan sampai ke telur-telurnya.

Mengusir Serangga dari Pot Tanaman

Serangga yang ada pada tanaman membuatnya mengganggu, maka untuk mengusirnya dengan meletakkan beberapa kapur barus pada pot tanaman. Caranya mudah terlebih dahulu masukkan kapur barus dalam plastik bening kemudian ikat kuat dan diamkan selama waktu seminggu.

Selanjutnya letakkan kantong plastik berisi kapur barus pada pot yang telah Anda isi tanaman. Biarkan saja selama beberapa saat dalam pot, maka serangga akan pergi tidak suka aroma kapur barus

Mengusir Tikus dari Garasi atau Gudang

Garasi atau gudang biasanya gunakan tempat penyimpanan barang-barang bekas tidak terpakai. Biasanya pula gudang banyak jumpai tikus yang bersarang pada daerah itu.

Sarang tikus terkadang sulit mengusirnya dan tidak perlu khawatir bisa mengatasinya dengan meletakkannya sekitar garasi. Cara ini ampuh secara cepat mengusirnya, karena bau kapur barus tikus tidak menyukainya. Maka perlu menyediakan kapur barus di rumah selain membuat ruangan dan pakaian harum.

Bebaskan Serangga dari Halaman

Manfaat lain dari kapur barus yang menarik membebaskan halaman rumah bebas serangga dan tikus. Caranya mudah dalam halaman rumah dengan meletakkan kapur barus pada area pekarangan atau halaman.

Bau khas kapur barus membuat serangga pergi dan menjauh. Begitu banyak manfaat kapur barus tidak sekedar pewangi pakaian dan ruangan, tetapi ternyata kapur barus ampuh dan bermanfaat untuk berbagai keperluan di sekitar rumah

Mengharumkan Kamar Mandi

Manfaat lain dari kapur barus mengharumkan kamar mandi terutama toilet WC. Biasanya pada ruangan tersebut sering kali meninggalkan bau tidak sedap, maka cara mengatasinya dengan
meletakkan kapur barus pada sekitar ruangan kamar mandi.

Manfaatkan kapur barus tidak hanya membuat wangi pakaian juga berguna untuk mengusir serangga hingga hilangkan bau tidak sedap pada ruangan atau kamar mandi.

Membersihkan Pakaian Wol

Kapur barus kegunaannya begitu  banyak mampu mengusir bau tidak sedap pada kamar mandi, tetapi juga membersihkan pakaian berbahan dasar wol.

Caranya mudah membersihkan kain wol dengan melarutkan beberapa biji kapur barus pada air. Selanjutnya campuran air kapur barus tersebut  gunakan untuk membilas pakaian kemudian redam sebentar dan bilas hingga bersih terus keringka.

Langkah ini membuat pakaian Anda miliki lebih halus dan lembut bisa awet dalam jangka lama. Itulah manfaat kapur barus jarang ketahui tidak hanya membuatnya segar ruangan juga mampu mengusir serangga dan tikus.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *