Menakjubkan! Ternyata Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka

waktu baca 3 menit
Minggu, 13 Nov 2022 10:32 0 20 Belinda Safitri

Semangka merupakan salah satu buah yang dinilai memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa. Hal tersebut karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu apa saja manfaat luar biasa dari buah semangka? Yuk langsung simak uraiannya berikut ini!

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka

1. Meningkatkan kekebalan dan mencegah kerusakan sel

Selain jeruk, buah lainnya yang juga kaya akan vitamin C adalah buah semangka. Hal itu membuat buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, hingga mencegah kerusakan sel tubuh.

Faktanya sendiri bahwa kandungan vitamin C juga diperlukan untuk pembentukan kolagen, yang berperan membantu menyembuhkan luka.

2. Menyehatkan mata 

Ingin mata lebih sehat tapi tak suka makan wortel? Tenang saja kamu tetap bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi semangka. Tentu itu lebih menyenangkan karena semangka memiliki rasa lezat dan manis. Tak hanya sekadar enak, semangka juga merupakan sumber beta-karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia.

Vitamin A tersebut memainkan peran penting dalam produksi pigmen di dalam retina dan melindungi terjadinya degenerasi akibat usia dan rabun senja. Bahkan, kandungan vitamin A juga bermanfaat dalam pemeliharaan kesehatan kulit, gigi, tulang, selaput lendir, hingga gusi.

3. Membantu kesehatan jantung dan tulang

Manfaat luar biasa lainnya dari buah semangka adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal itu karena semangka merupakan sumber lycopene yang sangat baik, yang menjadikannya memiliki sifat antioksidan.

Oleh karena itu, konsumsi semangka dikaitkan dengan peningkatan fungsi kardiovaskular karena buah ini dapat meningkatkan aliran darah melalui vasodilatasi. Bahkan, semangka juga bisa membuat tulang dan persendian lebih kuat karena memiliki kandungan potasium.

4. Mengurangi lemak

Siapa nih yang sering kesal karena banyaknya lemak dalam tubuh yang akhirnya membuat badan terlihat membesar? Jika kamu salah satunya, maka semangka dapat menjadi pilihan buah terbaik untuk mengatasi permasalahan lemak tersebut.

Semangka mengandung citrulline asam amino esensial yang dinilai dapat mengurangi akumulasi lemak dan menghambat pembentukan lemak dalam sel tubuh. Hal itulah yang pada gilirannya dapat menjaga tubuh dari akumulasi jumlah lemak yang berlebihan.

5. Menjaga otot dan saraf

Kaya akan potasium yang merupakan sebuah elektrolit alami membuat buah semangka bermanfaat untuk membantu menormalkan fungsi saraf dan otot.

Terkendalinya banyak fungsi tubuh karena kandungan potasium tersebut juga dapat membuat otot berkontraksi lebih cepat dan membantu terstimulasinya saraf.

6. Berperan dalam kesehatan ginjal 

Sebagai diuretik alami, semangka dapat membantu meningkatkan aliran urin, tanpa membuat ginjal tegang. Hal itu tidak sama dengan diuretik lain yang terkandung pada kafein dan alkohol. 

Kandungan yang terdapat pada semangka dapat membantu membuang kelebihan cairan dari tubuh sekaligus memfasilitasi pemrosesan amonia. Oleh karena itu, buah yang satu ini dinilai sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. 

7. Mengurangi peradangan

Manfaat terakhir dari buah semangka yakni dapat mengurangi peradangan dan menetralkan radikal bebas. Hal itu berkat senyawa yang terkandung pada buah ini.

Kamu bisa mengonsumsi semangka yang matang untuk memperoleh manfaat buah semangka yang satu ini. Hal itu karena semangka matang mengandung konsentrasi senyawa yang lebih tinggi yang tentu khasiatnya juga semakin baik.

Itulah 7 manfaat luar biasa yang diperoleh saat mengonsumsi semangka. Terkait hal itu, maka buah yang satu ini bisa menjadi salah satu buah pilihan yang bisa kamu konsumsi, ya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *