x

Sajian Wajib khas Ramadhan

waktu baca 3 menit
Kamis, 28 Apr 2022 04:02 0 54 Netizen Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan kolak pisang? Makanan satu ini wajib banget ada saat ramadhan tiba, namun siapa sangka sajian manis ini cukup digemari di Negara ini memiliki asal muasal yang sangat luas dan penuh arti. Beberapa sejarah yang menjadi asal kolak pisang ini berasal.

Pertama berasal dari Timur Tengah

Bukan hanya Negara kita, namun kebanyakan Negara di Timur Tengah banyak warganya dengan mayoritas suka dengan makanan manis dan gurih, sajian kolak pisang memang sangatlah di gemari disaat bulan Ramadhan dengan perpaduan manis dan gurih. Apalagi dengan isiannya, yang bebas di kreasikan dengan isian-isian sesuai dengan keinginan masing-masing orang. Adapun yang biasa ada pada isian kolak pisang seperti pisang dan ubi. Bisa juga ditambahkan dengan kolang kaling sesuai dengan selera masing masing orang.

Kolak Pisang yang merupakan makanan yang memiliki makna mendalam, mengapa? Karena makanan tersebut bukan hanya sebagai pelengkap di bulan ramadhan namun sebagai media penyebaran agama islam. Seperti yang kita tahu dahulu kala masyarakat Jawa belum terlalu mengenal agama islam, sehingga para ulama dan tokoh agama mencari cara bagaimana cara tepat untuk menyebarkan agama islam khususnya di pulau Jawa.

Nama kolak juga memiliki makna “Khalik” yang merujuk pada Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam. Berbagai harapan juga muncul ketika adanya kudapan khas bulan ramadhan ini yaitu diharapkan masyarakat semakin dekat dengan Allah SWT. Begitu juga dengan isian kolak yang biasanya berisi pisang kapok dan ubi juga memiliki makna mendalam, pisang kapok yang bermakna kapok untuk berbuat dosa dan ubi yang terkubur didalam tanah yang memiliki makna agar mengubur segala keburukan dan dosa yang pernah di lakukan dimasa lalu.

Makanan khas di bulan ramadhan ini sangatlah mudah dibuat dan tidak perlu membutuhkan waktu atau bahan-bahan banyak, berikut adalah cara membuatnya serta bahan-bahannya :

  • Pisang kepok sekitar 10 buah (bisa dipotong serong atau lurus)
  • Santan ½ butir kelapa
  • Gula merah/gula aren (disesuaikan dengan selera)
  • Daun pandan 3 buah
  • Gula pasir (disesuaikan dengan selera)
  • Garam (sejumput)
  • Air
  • Jahe bakar dimemarkan

Berikut ini adalah cara membuatnya :

  1. Rebus gula aren dengan 200 ml air hingga larut, matikan api, kemudian langsung saring tuang ke panci.
  2. Masukan daun pandan dan garam jangan lupa menggunakan api sedang
  3. Masukkan pisang, aduk-aduk sampai rata. Tidak perlu terlalu lama karena akan menyebabkan pisang hancur jika terlalu lama dan sering diaduk.
  4. Tuang santan, gula pasir, aduk-aduk terus hingga mendidih, santan jangan sampai pecah, masak hingga pisang matang, koreksi rasa manisnya.
  5. Matikan api, siap disajikan.

Adapun sedikit tips yang bisa anda gunakan yaitu : pilihlah pisang kepok yang sudah matang sempurna agar pisang terasa manis dan legit.

Makanan legit dan gurih yang merupakan sajian khas ramadhan ini memiliki juga manfaat lho untuk kesehatan, siapa sangka makanan yang mengenyangkan dan enak ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, berikut diantaranya yakni melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan stamina dan mencegah hipertensi.

Jangan takut mengkonsumsi kolak pisang menyebabkan tubuh menjadi gemuk, apapun jika dimakan dan dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan berat badan naik, terlebih lagi dengan makanan yang tidak sehat atau makanan fastfood, Jadi jika ingin mengkonsumsi kolak pisang sewajarnya saja ya, karena jika dikonsumsi juga menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x