x

Surga Tersembunyi Di Probolinggo Air Terjun Madakaripura

waktu baca 3 menit
Jumat, 13 Mei 2022 03:12 0 57 Netizen Indonesia

Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahannya adalah Air Terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Tidak diragukan lagi,  merupakan wisata air terjun yang menawarkan pemandangan alam yang memukau. Suasana di tempat ini sangat asri dan rindang dengan adanya pepohonan yang rindang disekitarnya.

Namun lokasinya yang berada di lereng kaki Gunung Bromo Tengger membuat tempat ini semakin terpencil. Banyak orang datang berkunjung untuk menyaksikan dan mengagumi keindahan air terjun ini. Yang menarik dari Air Terjun Madakaripura adalah ketinggian tebingnya yang mencapai 200 meter.

Dengan ketinggian yang menjulang, Madakaripura dianggap sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Selain itu, pemandangan yang indah dengan pepohonan yang rindang menambah keindahan dan daya tarik bagi wisatawan.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Sapih, Kecamatan Lombang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Untuk mencapai lokasi ada baiknya membawa kendaraan pribadi karena letaknya agak jauh dari jalan utama. Kondisi jalannya cukup sulit karena harus melewati jalan berbatu dengan tebing di kiri dan jurang di kanan. Anda harus menempuh jalan ini dengan medan yang sulit selama kurang lebih 15-20 menit.

Rute Menuju Air Terjun Madakaripura

Rute Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang mengendarai mobil atau motor, rute yang bisa ditempuh untuk menuju Air Terjun Madakaripura adalah sebagai berikut, Jalur Probolinggo – Bromo, sesampainya di Tongas anda akan menemukan pertigaan Sukapura, dari pertigaan anda ambil arah kanan menuju kecamatan Lumbang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sesampainya di Lumbang, Anda bisa menuju ke arah Pasar Lumbang, lalu belok kanan hingga sampai di tempatnya.

Rute Menggunakan Transportasi Umum

Sedangkan untuk backpacker atau wisatawan yang menggunakan transportasi umum, Anda bisa mengambil rute dengan naik bus menuju Terminal Probolinggo. Dari sini, Anda bisa naik angkot yang melayani tujuan menuju tempat. Namun jika tidak punya, Anda bisa naik angkutan umum ke Lumbang – Bromo. Sesampainya di Lumbang, Anda masih harus naik kendaraan umum menuju lokasi air terjun. Atau bisa juga menggunakan ojek jika tidak ingin menunggu lama.

Ada 5 Spot

Menurut salah satu warga yang tinggal di sekitar air terjun, sebenarnya ada 5 spot air terjun di kawasan ini. Tiga pada antaranya dapat ditemukan dengan mudah, namun dua air terjun lainnya tersembunyi di balik air terjun lainnya. Sedangkan air terjun terbesar berada di tengah tebing, terdapat rongga menganga yang membentang mendatar.

Di lubang inilah masyarakat sekitar percaya bahwa Patih Gadjah Mada biasa melakukan meditasi. Saat musim hujan, wisatawan larang turun dan mendekati air terjun. Karena kawasan ini sangat rawan banjir dan longsor sehingga pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan air terjun dari lokasi yang agak jauh.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online Yang Bisa Anda Rujuk Dan Jadikan Referensi

Tiket Masuk

Wisatawan yang ingin melihat secara langsung pesona indah. Tentunya harus membayar tiket masuk dengan harga Rp3 ribu per orang. Wah, harga yang sangat murah ya? Namun harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri.

Demikian ulasan tentang, Surga Tersembunyi Di Probolinggo Air Terjun Madakaripura. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x